Saturday, September 24, 2022

5 Cara Mudah dan Simple Mengurangi Rumput Liar di Halaman dan Taman Kesayanganmu!

Taman kecil di pekarangan rumah adalah salah satu space yang mempercantik sekaligus berguna untuk meningkatkan kualitas sirkulasi udara dirumah Kita. Untuk tetap membuatnya terlihat indah nan cantik taman penting banget buat dirawat lho! 

Perawatan taman penting untuk ketahanan tanamanmu. Adanya rumput liar bakalan bikin taman kamu berkurang keindahannya dan tidak sedap untuk dipandang. Rumput liar juga, jika tidak dibersihkan lama-lama akan mengurangi keindahan taman di rumahmu. Kamu pasti tidak mau kan jika taman kamu ditumpangin Gulma dan dipenuhi dengan rumput liar yang tumbuh tidak terkendali? 

Sudah mencoba mencabut rumput liar yang tumbuh, tapi ntah kenapa si rumput liar ini tak kunjung bebal dan sering muncul kembali seiring waktu. Apalagi kalo sudah masuk musim hujan, taman yang berada di luar ruangan dan sering terkena rembes hujan biasanya juga ditumbuhi rumput liar yang membandel dan susah untuk dibasmi.

Berikut beberapa cara mudah untuk menghilangkan rumput liar dirumahmu. Kamu bisa menggunakan beberapa cara berikut agar taman dirumahmu tetap indah nan cantik dipandang, tetapi hati-hati ketika kamu membersihkan rumput liar agar tidak terkena tanaman hias disekitarnya ya guys!! agar tanaman hias kesayanganmu tidak mati ataupun menjadi layu dan teranggu pertumbuhannya. 
Yuk langsung saja bahas tips dan triknya ya!

1. Air Panas 
Biasanya rumput liar yang terkena air panas akan layu dan mati. Untuk tips yang satu ini pengaplikasiannya cukup mudah lo! Kamu hanya perlu menyiramkan air panas di tempat tumbuhnya gulma tersebut, maka perlahan gulma dan rumput liar yang tumbuh akan melayu dan tinggal kita bersihkan. 

2. Cuka 
Asam Asetat yang terkandung dalam cuka dapat membuat rumput liar atau gulma mati. Untuk pengaplikasiannya Kamu hanya perlu mencampur cuka dengan air bekas cuci piring lalu semprotkan pada gulma yang mengganggu tamanmu. Oh iya!  Hati – hati agar tidak terkena tanaman lain ya guys! 

Baca juga :  Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Green Economy

3. Garam 
Khasiat garam adalah menyerap kandungan air pada rumput liar sampai mengering dan mati. Jika Kamu ingin menggunakan garam untuk membasmi gulma dan rumput liar, maka caranya juga cukup mudah lo! Kamu hanya perlu menaburkan garam ditempat tumbuhnya rumput liar ditamanmu. 

4. Belerang 
Belerang dapat dijadikan herbisida alami. Kamu hanya menyiapkan 4 Liter air, 2 Kg garam, dan 3 Ons belerang kemudian campurkan dan masak sampai mendidih lalu masukkan 2 botol kecil cuka dan tunggu selama 12 jam. Setelah itu, cairan yang sudah disiapkan tinggal disemprotkan saja ke rumput liar yang membandel dan mengganggu keindahan taman tersayangmu. 

5. Bensin 
Bensin sangat efektif dalam membasmi rumput liar. Kamu dapat mencampurkan bensin dengan garam, pupuk urea, dan sabun cuci, kemudian aduk hingga semua bahan tersebut menyatu kemudian semprotkan campuran tersebut pada rumput liar yang ada di tamanmu. Dijamin si bandel rumput liar ini bakal sirna dan gak tumbuh lagi! tapi jangan lupa yak! Hati-hati agar tanaman lainnya tidak ikut terkena dampaknya
___ 
Sekarang Kamu tidak perlu khawatir lagi jika ada rumput liar yang tumbuh. Tinggal aplikasikan saja tips dan trik sederhana di atas, maka si bandel rumput liar yang membuat tamanmu menjadi terlihat tidak cantik lagi bisa sirna dan gak bakal tumbuh lagi! Selamat mencoba, btw Kamu lebih suka memakai cara yang mana nih ? 

___

Kontributor :Mesri Ayu Ningsih (Aktivis Gerakan Yuk Ngampus Probolinggo)
Sumber Gambar :https://unsplash.com/photos/y1IEnAYvMxYhttps://www.freepik.com/free-photos-vectors/confusing

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler