GUBUKINSPIRASI.COM – Sosok seorang dokter wanita sedang menggendong bayi tampak menghiasi Google Doodle hari ini, Rabu (17/2/2021). Rupanya wanita tersebut adalah Marie Thomas, seorang dokter wanita pertama di Indonesia. Sosoknya menghiasi Google Doodle hari ini lantaran bertepatan dengan kelahirannya yakni 17 Februari 1896.

Latar Belakang Marie Thomas

Marie Thomas (lahir di Likupang, Sulawesi Utara, 17 Februari 1896 – meninggal di Bukittinggi, Sumatra Barat, 10 Oktober 1966 pada umur 70 tahun) adalah seorang wanita Indonesia pertama yang menjadi dokter. Dia lulus dari Sekolah Pendidikan Dokter Hindia (STOVIA atau Sekolah tot Opleiding van Indische Artsen) pada tahun 1922. Dia kemudian menjadi spesialis bidang obstetri dan ginekologi dan adalah dokter Indonesia pertama yang menjadi spesialis dalam bidang ini. Dia juga mendirikan sebuah sekolah kebidanan di Bukittinggi.

School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) alias Sekolah Dokter Hindia atau yang lebih dikenal dengan Sekolah Dokter Jawa di Batavia sendiri dikenal banyak melahirkan tokoh-tokoh pergerakan nasional, di antaranya seperti Soetomo, Cipto Mangunkusumo, Wahidin Sudirohusodo, dan masih banyak lagi. 

Sesudah perjuangan yang berat dan sungguh-sungguh, pada tanggal 26 April 1922, Marie Thomas lulus ujian akhir. Keberhasilan Marie Thomas lulus sebagai dokter kemudian diikuti oleh orang-orang Minahasa lainnya, seperti Anna Karamoy Warouw dari Amurang, dan Dee Weydemuller dari Manado. 

Perjalanan Karier Marie Thomas

Para dokter lulusan STOVIA diwajibkan untuk menjalani ikatan dinas sebagai dokter pemerintah setidaknya selama sepuluh tahun. Dalam Ensiklopedia Umum disebutkan bahwa dokter Marie Thomas pernah bertugas di Centrale Burgelijke Ziekenhuis (CBZ) yang sekarang menjadi Rumah Sakit Tjipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Selain di Batavia, dirinya juga pernah ditugaskan di Cirebon, Manado, hingga Bukittinggi. 

Marie Thomas kemudian menikah dengan seorang dokter bernama Mohammad Joesoef pada tanggal 16 Maret 1929 dan bertolak ke Padang, Sumatera Barat, kampung halaman sang suami. Di sana, Marie Thomas bekerja di Layanan Kesehatan Masyarakat setempat atau yang saat itu disebut Dienst der Volsgezondheid.

Baca juga :  Hari Raya Nyepi, Internet Tetap Aktif di Tahun Ini

Setelah beberapa tahun menghabiskan waktu di Padang, Marie Thomas lalu kembali ke Batavia untuk menjadi anggota partai Persatuan Minahasa. Pada tahun 1950, Marie Thomas kembali ke Sumatera Barat, tepatnya di Bukittinggi. Di sana, dirinya mendirikan sekolah kebidanan yang digadang-gadang sebagai sekolah kebidanan pertama di Sumatera dan yang kedua di Indonesia.

Menjadi Tokoh di Google Doodle

Tampilan Google Doodle 17 Februari 2021

Itu dia ulasan menarik seputar profil Marie Thomas yang menjadi Google Doodle hari ini. Dalam laman Google Doodle, ilustrasi tersebut dibuat untuk merayakan ulang tahun ke-125 Dr. Marie Thomas, salah satu dokter wanita pertama di Indonesia.

Penghormatan tersebut diberikan lantaran Marie Thomas dinilai telah mengukir sejarah sebagai spesialis wanita pertama di bidang ginekologi dan kebidanan. Demikian profil Marie Thomas, dokter perempuan pertama di Indonesia yang sosoknya menjadi Google Doodle hari ini, Rabu 17 Februari 2021.

___

Sumber tulisan

https://www.suara.com/news/2021/02/17/092932/profil-marie-thomas-dokter-perempuan-pertama-di-indonesia?page=all

https://id.wikipedia.org/wiki/Marie_Thomas

Klik disini untuk share