Sunday, December 4, 2022

Cara Mudah Mendinginkan Ruangan Hanya Dengan Kipas Angin Jika Tidak Punya AC

Jika kamu tidak memiliki AC dan cuaca ataupun udara di dalam rumah terasa panas, maka kamu mungkin ingin memanfaatkan kipas angin di seluruh rumah yang kamu miliki agar tetap sejuk.

Kipas angin umumnya memiliki harga yang jauh lebih murah untuk dibeli dan dipasang dibandingkan dengan unit AC. Selain itu, kipas angin lebih baik untuk lingkungan, karena mereka menggunakan lebih sedikit energi dan tidak mengakibatkan pemanasan global seperti AC.

Berikut ini beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk mendinginkan ruangan hanya dengan kipas angin dilansir beberapa sumber, Jumat (19/2/2021).

Mengenai cara mendinginkan ruangan di rumahmu menggunakan kipas angin, itu terbagi dalam 3 jenis kipas yang berbeda, seperti kipas exhaust, kipas angin berdiri dan kipas angin gantung.

Kipas Exhaust

Kipas exhaust ( exhaust fan) atau kipas jendela dipasang di jendela terbuka untuk menarik udara dingin masuk dan mendorong udara panas keluar, dan dapat dipasang untuk mendinginkan seluruh rumah.

Berikut ini 2 tips tentang cara menggunakan kipas jendela secara efektif:

Tips 1: Hidupkan hanya saat di luar lebih dingin daripada di dalam

Agar kipas jendela dapat mendinginkan rumahmu, suhu luar ruangan harus lebih rendah dari suhu dalam ruangan. Itu akan terjadi pada malam hari atau dini hari.

Jangan menyalakan kipas jendela selama bagian hari yang paling panas karena akan menarik udara sore yang panas, membuat rumahmu lebih hangat, bukan lebih sejuk.

Terakhir, kipas jendela dipasang dengan pemasangan lembaran logam yang dimasukkan ke dalam jendela terbuka dan menyegel di sekitar tepinya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir membuka atau menutup jendela tersebut.

Namun, jendela lain di rumahmu harus tetap tertutup selama siang hari yang terpanas dan jika aman, maka buka pada malam dan dini hari.

Tips 2: Gunakan lebih dari satu kipas untuk membuat angin silang

Kipas jendela bekerja paling baik bila kamu menggunakan lebih dari satu kipas untuk menciptakan angin silang, yang mendorong udara panas keluar dan menarik udara sejuk masuk.

Baca juga :  10 Cara Mudah Mengontrol Gula Darah yang Mudah Dilakukan Sehari-hari

Untuk melakukannya, memasang kipas di lokasi yang tepat sangatlah penting.

Kipas angin yang meniupkan udara ke dalam rumahmu. Kamu ingin udara yang lebih sejuk bertiup ke dalam, jadi letakkan satu kipas atau lebih di sisi paling sejuk rumahmu yang melihat banyak naungan. “Idealnya di sisi utara yang paling teduh – menghadap ke arah rumah dan jauh dari jendela, “kata Nathan Kipnis, FAIA, pendiri Kipnis dan spesialis dalam keberlanjutan dan efisiensi energi desain arsitektur.

Kipas mendorong udara keluar dari rumahmu: Kemudian letakkan kipas dalam jumlah yang sama di sisi berlawanan dari rumahmu menghadap ke luar jendela untuk mendorong udara panas keluar. “Mendorong udara keluar dari sisi selatan sangat ideal,” kata Kipnis.

Jaga agar pintu dalam terbuka sebanyak mungkin. Ini akan membantu memaksimalkan aliran udara ke seluruh rumahmu Idealnya, kamu harus memiliki jumlah kipas yang sama yang menarik udara dingin saat mendorong keluarnya udara panas.

Namun, jika kamu memiliki jumlah kipas ganjil, biasanya lebih baik memiliki lebih banyak kipas yang menarik udara dingin.

Jika kamu tinggal di rumah bertingkat, tempatkan kipas angin ke dalam di lantai bawah yang lebih dingin dan kipas angin bertiup ke luar di lantai atas.

Metode ini akan membebaskan rumah Anda dari udara hangat yang naik ke lantai atas. “Jadi, membawa udara rendah di sisi utara dan mendorongnya tinggi di sisi selatan sangat ideal,” kata Kipnis.

Kipas angin gantung

Kipas angin gantung atau langit-langit mengalirkan udara di dalam ruangan dengan mendorongnya ke bawah. Namun, mereka tidak dapat menurunkan suhu seperti kipas jendela atau unit AC. Tapi mereka masih bisa mendinginkanmu.

Hal ini karena angin sepoi-sepoi menciptakan sedikit efek angin dingin yang dapat membantu menguapkan keringat dari kulit, yang mendinginkanmu. Jadi, bukan rumahmu yang mendingin, melainkan tubuh.

Di bawah ini adalah 2 tips untuk menggunakan kipas angin gantung agar tetap sejuk.

Tips 1: Pastikan Kipas berputar berlawanan arah jarum jam

Baca juga :  7 Cara Mudah Mencegah Sakit Kepala

Di musim panas, pastikan kipas angin gantungmu berputar berlawanan arah jarum jam. Ini akan mendorong udara lurus ke bawah dan menciptakan efek angin dingin.

Di musim dingin, yang terbaik adalah jika kipas angin gantungmu berputar ke arah yang berlawanan, searah jarum jam. Dengan begitu, udara didorong ke atas sehingga panas dapat bersirkulasi dan membuatmu tetap hangat.

Tips 2: Matikan saat kamu meninggalkan ruangan

Pastikan kamu mematikan kipas angin gantung saat meninggalkan ruangan, karena itu mendinginkan orang, bukan ruangan. Membuang-buang energi untuk menyalakan kipas angin gantung jika tidak digunakan juga meruakan sebuah pemborosan.

Kipas angin berdiri

Penggunaan kipas angin berdiri sebenarnya paling menguntungkan dalam menghasilkan udara dingin di sebuah ruangan rumah, berikut 3 tips yang bisa dilakukan.

Tips 1: Buat angin silang

Para ahli di Good Housekeeping Institute merekomendasikan untuk membuat angin silang, yang pada dasarnya mengeluarkan udara panas dan membuat udara dingin masuk.  

Caranya cukup mudah!

Pertama, tutup jendela, pintu, dan kerai di siang hari untuk menghindari terik matahari masuk ke dalam rumahmu. Kemudian, pada malam hari, buka jendelamu dan letakkan 1 kipas menghadap ke luar jendelamu, sehingga mendorong panas keluar. Gunakan kipas kedua, ditempatkan ke dalam, untuk mengalirkan udara dingin ke dalam ruangan.

Tips 2: Gunakan seember es

Menurut GHI, menempatkan ember es di depan kipas angin sebagai unit AC buatan sendiri sama efektifnya. Saat udara melewati es, ia akan menjadi dingin dan akan mengedarkan udara dingin yang menyegarkan di sekitar ruangan.

Tips 3: Bekukan botol

Ada satu metode yang secara khusus ‘disukai’ untuk bisa memberikan efek dingin pada ruangan.

Yang harus kamu lakukan adalah membekukan botol plastik berukuran 4 liter atau 1 liter kosong, letakkan di atas nampan dan tutup dengan kain lembab.

Posisikan ini di depan kipas angin sehingga angin sejuk dari botol es dan ruanganmu akan mendapatkan keuntungan dari suhu yang lebih dingin.

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler