Thursday, October 6, 2022

11 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan dari Rumah

Bagi Kalian yang mengalami kelebihan berat badan (overweight) tentu cara satu-satunya mengatasi masalah ini adalah mengurangi berat badan. Namun, menurunkan berat badan ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Lantas, apa saja cara yang perlu dilakukan untuk menurunkan berat badan dengan aman dan efektif?

Cara menurunkan berat badan

Pada dasarnya, kunci utama dari mengurangi berat badan dengan sehat adalah pola makan yang sehat dan mengendalikan asupan kalori. Kedua hal tersebut harus dibarengi dengan peningkatan aktivitas fisik. 

Dengan begitu, Kalian mendapatkan berat badan ideal yang dapat terjadi dalam jangka panjang. Selain itu, perubahan gaya hidup dan kebiasaan makan pun juga perlu diperhatikan sebagai cara menurunkan berat badan yang bertahan lama. 

Berikut ini sejumlah tips menguruskan badan agar mencapai berat badan yang ideal. 

1. Mengukur indeks massa tubuh (BMI)

Sebelum memulai gaya hidup sehat sebagai cara menurunkan berat badan, sebaiknya ukur indeks massa tubuh Kalian terlebih dahulu. Indeks massa tubuh digunakan untuk menentukan apakah Kalian kekurangan, kelebihan, atau berada dalam berat yang ideal. 

Dengan begitu, Kalian mengetahui berapa banyak berat badan yang harus diturunkan untuk mencapai berat badan yang ideal. Sebagai contoh, orang yang masuk dalam kisaran obesitas perlu menurunkan antara 5-10% berat awalnya. 

Setelah mengetahui indeks massa tubuh yang dimiliki, baru Kalian bisa merancang pola makan dan aktivitas yang cocok untuk menguruskan badan. 

2. Tidak melewatkan sarapan

Salah satu cara menurunkan berat badan yang paling penting adalah tidak melewatkan sarapan. Menu sarapan dengan gizi yang seimbang akan memberikan tubuh energi yang dibutuhkan untuk melewati hari.

Bila melewatkan sarapan, Kalian mungkin memulai hari dengan energi yang kosong. Alhasil, keinginan untuk ngemil pada siang atau malam hari pun meningkat. Pasalnya, tubuh akan mengira Kalian kelaparan, sehingga porsi makan mungkin ikut bertambah banyak. 

Baca juga :  7 Cara mudah menurunkan gula darah secara alami, bisa Anda coba

Usahakan untuk selalu menyiapkan sarapan yang mengandung nilai gizi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein dan karbohidrat, seperti: 

  • telur, 
  • roti panggang dengan selai kacang, atau
  • yogurt tawar tanpa pemanis dengan buah beri. 

3. Makan dalam porsi kecil

Beberapa orang mungkin memilih makan tiga kali sehari dengan dua atau tiga camilan. Sementara lainnya makan lima atau enam kali atau makan setiap tiga sampai empat jam. 

Metode yang disebutkan di atas sebenarnya sah-sah saja karena sama-sama menjaga metabolisme tetap seimbang. Selain itu, tips menjaga pola makan sehat ini juga membantu mengendalikan kadar gula darah. 

Porsi makan yang seimbang membantu tubuh berfungsi dengan baik dan mencegah kenaikan berat badan. Kalian tentu tidak ingin gula darah melonjak drastis atau turun tiba-tiba. 

Kadar glukosa yang tidak teratur dapat memicu tingkat energi tidak stabil, sehingga fungsi tubuh tidak bekerja dengan baik. Kalian mungkin juga bisa sesekali berpuasa atau intermittent fasting guna mengurangi berat badan. 

4. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur

Konsumsi lebih banyak buah dan sayur yang dibarengi menu gizi yang seimbang adalah cara yang aman untuk menurunkan berat badan. Selain itu, pola makan yang kaya akan buah dan sayur juga mengurangi risiko penyakit kronis karena keduanya mengandung gizi yang dibutuhkan tubuh. 

Meski begitu, bukan berarti Kalian harus makan lebih sedikit. Kalian bisa menciptakan diet rendah kalori yang melibatkan makanan kesukaan dengan mengganti buah dan sayuran rendah kalori. 

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler