Sunday, October 2, 2022

Jokowi : Bangsa Kita Tidak Menyukai Proteksionisme

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa Indonesia bukan bangsa yang menyukai proteksionisme. Menurutnya, sejarah membuktikan bahwa proteksionisme akan merugikan bangsa itu sendiri.

“Kita bukan bangsa yang menyukai proteksionisme karena sejarah membuktikan proteksionisme merugikan,” ucap Jokowi dalam Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan Tahun 2021, Kamis (4/3).

Meski begitu, Jokowi menekankan bahwa Indonesia tak boleh menjadi korban dari praktik yang tidak adil dari raksasa digital dunia. Pasalnya, transformasi digital harus menguntungkan semua pihak dan tidak hanya segelintir saja.

“Perkembangan digital harus mendorong UMKM. Kekuatan digital harus dimanfaatkan, harus memberdayakan UMKM yang kecil-kecil,” jelas Jokowi.

Lebih jauh lagi, Jokowi berharap kontribusi ekspor UMKM dapat meningkat ke depannya. Sebab, kontribusinya sejauh ini hanya 13 persen terhadap ekspor nasional.

Sementara, ia memerintahkan Kementerian Perdagangan untuk menambah pasar ekspor. Misalnya, ke Afrika Selatan dan Eropa Timur.

“Jangan terjebak pada pasar ekspor yang itu-itu saja, sekarang tumbuh pasar-pasar yang harus digarap secara serius,” ucap Jokowi.

Kepala negara juga menambahkan bahwa Kementerian Perdagangan harus mempercepat penyelesaian perundingan perdagangan dengan negara-negara potensial. Hal itu nantinya akan menambah pasar ekspor baru Indonesia.

Penambahan pasar ini juga nantinya dapat membuka peluang besar terhadap perbaikan ekonomi pasca pandemi.

“Uni Eropa tolong ini Pak Menteri (Muhammad Lutfi) didorong segera selesai dan negara-negara lain segera dirampungkan,” jelas Jokowi.

Comment
Baca juga :  Jalan Panjang Mahasiswa UM Jember Gagas Percepatan Ekonomi di Kecamatan Ambulu Jember
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler