Wednesday, September 21, 2022

Istilah-istilah Yang Harus Kamu Ketahui di Kampus Ketika Menjadi Mahasiswa Baru

GUBUKINSPIRASI.COM – Menjadi mahasiswa baru kadang di buat bertanya-tanya tentang istilah-istilah saat di kampus. Berikut istilah-istilah yang ada di kampus yang wajib kamu ketahui khususnya untuk mahasiswa baru. Yuk kita simak dengan baik.

Rektor

Rektor adalah ketua perguruan tinggi dalam sebuah universitas. Dalam urutannya rektor merupakan jabatan yang paling tinggi yang mengelola secara keseluruhan serta membina civitas akademika (Dosen dan mahasiswa).

Dekan

Dekan merupakan dosen yang menjadi pimpinan fakultas. Ia mengatur administrasi dan keakademian dalam fakultasnya.

Kaprodi

Kaprodi merupakan singkatan dari kepala program studi. Kaprodi adalah pimpinan tertinggi dalam jurusan atau program studi yang biasanya juga di jabat oleh seorang dosen. Kaprodi biasanya juga di sebut Kajur ( Ketua Jurusan).

Dosbing

Dosbing (Dosen pembimbing) adalah dosen yang akan membantu dan membimbing setiap mahasiswa yang akan melakukan Tugas akhir atau skripsi

Doswal

Dosen wali (doswal) adalah dosen yang ditunjuk untuk menjadi pembimbing sekelompok mahasiswa selama kuliah. Bimbingan tersebut berupa nasehat, petunjuk dan arahan terhadap mahasiswa yang akan menentukan mata kuliah yang diambil dalam rencana studinya.

KHS

KHS (Kartu Hasil Studi) yaitu nilai mata kuliah yang di peroleh pada semester sebelumnya. Pengisian nilai tersebut akan di isi sesuai dengan hasil nilai yang didapat pada setiap mata kuliah.

KRS

Kartu rencana studi (KRS) adalah proses pengisian mata kuliah yang akan di ambil dalam suatu semester. Pengisian ini biasanya dilakukan sebelum di mulainya perkuliahan.

IP (Indeks Prestasi)

IP adalah hasil penjumlahan nilai dari semua mata kuliah selama satu semester.

IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)

IPK adalah ukuran kemampuan mahasiswa sampai pada periode tertentu berdasarkan jumlah SKS (Satuan Kredit Semester). Singkat nya adalah nilai rata-rata IP.

Baca juga :  PKL di Tengah Pandemi? Kenapa Tidak! KPI UNUJA Membuktikannya

BEM

BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang dipimpin oleh presiden mahasiswa. BEM biasanya terbagi menjadi dua. Yaitu BEM fakultas dan BEM tingkat Universitas.

HIMAPRODI/HMJ

Himpunan Mahasiswa Prodi/Jurusan adalah organisasi jurusan

UKM

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah wadah aktivitas kemahasiswaan luar kelas untuk mengembangkan minat, bakat dan keahlian tertentu.

SP/ Semester Antara

SP (Semester Pendek) adalah semester singkat yang diadakan anatara semester genap dan ganjil. Biasanya SP ini di lakukan bagi mahasiswa yang ingin mengulang mata kuliah yang tidak lulus di semester sebelumnya atau mengambil mata kuliah baru.

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler