Sunday, October 2, 2022

Bersama Dengan Masyarakat DLH Kabupaten Situbondo Lakukan Bersih Sampah dan Normalisasi Sungai di TPI Besuki

SITUBONDO – Tepat pada hari Jum’at (19/03/21) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo dan masyarakat desa Pesisir Kecamatan Besuki bersama-sama melakukan pembersihan aliran sungai dari sampah yang menumpuk.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Jum’at pagi tersebut ditujukan sebagai upaya untuk melakukan normalisasi aliran sungai dan mengurangi timbunan sampah yang ada di sungai sepanjang TPI Besuki.

Sebagaimana umum diketahui wilayah TPI Besuki merupakan wilayah hilir yang kerap menjadi wilayah timbunan sampah, baik sampah yang dibuang oleh masyarakat sekitar maupun sampah kiriman dari wilayah yang dilalui oleh sungai di sepanjang TPI.

Berawal dari inisiatif Wabup Situbondo dalam kunjungannya ke Desa Pesisir, kemudian ditindaklanjuti dengan datangnya DLH bersama dengan masyarakat bersama-sama membersihkan aliran sungai.

“Kegiatan ini selain untuk membersihkan aliran sungai juga sebagai upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat, karena ya tantangan terbesar memang menanamkan kesadaran kepada masyarakat. Terlebih, wilayah pesisir kerap di cap sebagai wilayah kumuh” ungkap salah satu perangkat kecamatan Besuki di sela-sela kegiatan pembersihan sungai.

Diwawancari secara terpisah, Ahmad selaku Kepala Desa Pesisir mengungkapkan kebahagiaan dan keantusiasannya dalam kegiatan pembersihan aliran sungai tersebut.

“Alhamdulillah, kegiatan ini bisa berjalan lancar dan masyarakat juga cukup antusias membantu dan mensukseskan pembersihan aliran sungai. Kedepannya pemerintah desa akan terus berupaya untuk menanamkan kesadaran dan melakukan normalisasi secara berkelanjutan” Ungkap Ahmad.

Lebih lanjut Ahmad menceritakan asal muasal dan inisiatif kegiatan tersebut yang bisa dibilang cukup urgent dan terlaksana cukup lancar dalam waktu yang cukup singkat.

“Kegiatan ini kurang lebih direncakan 2 hari yang lalu dan alhamdulillah sudah bisa terlaksana hari ini dan dampak nyata bisa langsung terlihat” Jelasnya sambil menunjukkan aliran air sungai yang jauh lebih lancar daripada sebelum pelaksanaan pembersihan aliran sungai.

Baca juga :  Godok Kesadaran Masyarakat, LP3M Universitas Nurul Jadid Adakan Pelatihan Analisis Sosial Undang Alumni Peraih Penghargaan UNESCO

Selain masyarakat, terpantau juga beberapa perangkat desa, jajaran muspika Kecamatan Besuki, Babinsa dan staf Kapolsek Besuki serta beberapa mahasiswa KKN Universitas Nurul Jadid tampak turut membantu dan bersumbangsih dalam kegiatan pembersihan sampah di aliran sungai di TPI Besuki tesebut.

“Semoga aksi hari ini bisa menjadi pemicu dan menggerakkan kesadaran masyarakat serta memberikan dampak yang signifikan dan berkelanjutan terhadap daerah pesisir” Harap Ahmad di akhir wawancara.

Ahmad kemudian mempersilahkan seluruh pihak yang turut datang dalam kegiatan tersebut untuk mendatangi rumahnya guna menikmati suguhan yang sudah disediakan untuk kegiatan bersih aliran sungai tersebut.

(rhmn/pit)

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler