Bulan puasa menjadi kesempatan emas bagi sebagian orang untuk beramai-ramai melakukan diet. Faktanya, tidak sedikit yang justru mengalami kenaikan berat badan bukan sebaliknya. Lantas, bagaimana caranya?

Meningkatnya berat badan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya pola makan yang tidak teratur didukung dengan minimnya aktivitas fisik.

Dikutip dari The Journal of Nutritrion, Oxford Academic, aktivitas fisik sedang hingga kuat berpotensi untuk mencegah penambahan berat badan orang dewasa. Diet dan aktivitas fisik memainkan peranan penting dalam mencegah kenaikan berat badan.

Berikut 7 cara diet sehat yang bisa kamu lakukan di bulan puasa:

  • 1. Kurangi asupan kalori

Kalori merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kelebihan atau kekurangan kalori akan menyebabkan terganggunya kesehatan tubuh. Jumlah kalori ideal per hari yang dibutuhkan orang dewasa sekitar 1.000-2.000 kalori. Apabila kamu mengonsumsi kalori lebih dari itu, maka dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

  • 2. Lakukan aktivitas fisik ringan

Aktivitas fisik dapat dilakukan mulai dari hal-hal kecil. Membersihkan rumah juga termasuk aktivitas fisik yang dapat membantu meningkatkan kebugaran tubuh. Aktivitas fisik lain seperti olahraga pagi dengan jogging atau mengikuti senam juga bisa kamu lakukan untuk membantu menurunkan berat badan.

  • 3. Perbanyak sayur dan buah

Sayur dan buah merupakan dua jenis makanan yang banyak mengandung serat dan vitamin. Serat diperlukan tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, kamu juga bisa menyeimbangkannya dengan mengonsumsi makanan tinggi protein. Menambah protein juga bisa menjadi solusi untuk diet sehat.

  • 4. Kurangi makanan siap saji

Makanan siap saji dapat meningkatkan kolesterol. Bahkan, tidak sedikit penelitian yang menunjukkan terlalu sering mengonsumsi makanan siap saji rentan mengalami obesitas. Untuk itu, jika kamu ingin diet, usahakan mengurangi makanan jenis ini ya!

  • 5. Minum air putih
Baca juga :  Lakukan Hal Berikut Agar Kamu Bisa Tidur Dengan Cepat

Air putih memiliki banyak manfaat. Salah satunya menjaga kesehatan ginjal dan sistem pencernaan. Minum air putih 8 gelas setiap hari dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Air putih juga dapat membantu menurunkan berat badan karena membuat perut kenyang dan mengurangi asupan kalori.

  • 6. Berbuka dengan sewajarnya

Hal yang tidak kalah penting adalah kebiasaan berbuka. Setelah seharian menahan lapar dan dahaga bukan berarti kamu bisa sepuasnya menyantap makanan. Saat perut dalam kondisi kosong, hal yang bisa dilakukan adalah memberikan asupan secukupnya. Hindari makan kenyang. Kamu bisa mengontrolnya dengan mengonsumsi sayuran dan buah serta air putih.

  • 7. Kurangi makan dan minum manis

Puasa identik dengan berbuka dengan yang manis. Tapi, hati-hati buat kamu yang sedang diet. Makanan dan minuman tinggi gula menyebabkan obesitas. Agar tetap bisa berbuka dengan yang manis, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung pemanis alami.

Itu tadi tujuh cara diet saat puasa yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba!

Sebelumnya dipublikasikan di Detik.com dengan judul 7 Cara Diet Sehat yang Bisa Kamu Lakukan di Bulan Puasa

Sumber gambar via Unsplash.com

Klik disini untuk share