Menu buka puasa sehat dan enak bisa dibuat sendiri di rumah. Agar tubuh tetap bugar saat berpuasa, pola makan juga perlu diatur.

Makanan takjil yang sering dikonsumsi orang Indonesia pada umumnya sarat akan gula dan minyak. Sehingga tak jarang orang mengeluh mengalami berat badan naik meski sedang berpuasa.

Salah satu alasan berat badan naik adalah kalap saat berbuka puasa. Karena merasa lapar seringkali saat berbuka puasa jadi ‘balas dendam’.

Mulailah menikmati minuman dan makan yang ringan dengan porsi kecil. Setelah melaksanakan sholat tarawih barulah konsumsi makanan yang lebih berat dengan porsi secukupnya.

Berikut ini beberapa menu buka puasa yang sehat:

1. Sop Ayam Kampung

Menu berbuka puasa yang sehat dan dapat meningkatkan stamina tubuh adalah sop ayam. Dibuat dari ayam kampung, kandungan proteinnya tentu lebih tinggi. Dipadu bersama dengan aneka sayuran seperti wortel, kentang, dan sedikit campuran tomat.

2. Ikan Pindang Kuning

Pemilihan menu sehat untuk berbuka puasa menjadi hal yang sangat penting. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan tetapi juga mencegah terjadinya kenaikan berat badan.

Ikan pindang kuning bisa dibuat dengan beberapa jenis ikan seperti ikan kerapu, kakap, dan kuwe. Sajian ini tidak banyak mengandung minyak sehingga bisa jadi pilihan yang sehat.

3. Lontong Isi

Lontong isi juga sering jadi pendamping makan gorengan. Lontong dengan isian daging cincang dan aneka sayuran bisa jadi menu berbuka puasa yang sehat dan mengenyangkan.

4. Labu Siam Tumis

Sajian labu siam tumis ini makin enak jadi pendamping makan pepes tahu dan nasi. Labu siam jadi salah satu sayuran yang baik dikonsumsi saat diet. Tidak hanya mengandung serat tetapi juga tinggi air.

Baca juga :  5 Cara Asik Nunggu Waktu Berbuka Selama PSBB

5. Ikan Bakar Sambal Dabu-dabu

Menu buka puasa sehat tentunya ikan bakar. Siapa bilang makanan sehat selalu memiliki rasa yang hambar?

Kenyataannya ikan bakar dengan perpaduan bumbu gurih dibakar hingga matang. Kemudian dipadu bersama dengan sambal dabu-dabu segar. Enak disantap dengan nasi hangat.

Klik disini untuk share