PROBOLINGGO – Seiring dengan mulai berlakunya status kenormalan baru atau new normal, ekonomi lokal yang sempat terdampak cukup parah akibat pandemi perlahan membaik.

Tercatat pertumbuhan ekonomi perlahan mulai membaik dan menunjukkan perkembangan yang signifikan meskipun dengan tempo yang lambat.

Semua sektor perlahan mulai pulih dan berusaha untuk bisa bangkit kembali seiring dengan berlakunya new normal serta mulai dibukanya instansi pendidikan di beberapa wilayah.

Dari sekian banyak sektor yang bergerak tersebut, sektor keuangan syariah juga turut memberikan kabar baik dengan menghasilkan perkembangan yang juga cukup signifikan.

Diproyeksikan sebagai instrumen keuangan yang kebal akan pandemi, keuangan syariah perlahan mulai menarik cukup banyak perhatian belakangan ini.

Hal tersebut di atas yang kemudian juga mendorong program studi ekonomi syariah Universitas Nurul Jadid untuk mengadakan kerjasama dan partnership dengan beberapa mitra potensial di bidang ekonomi syariah.

Bentuk kerjasama dan partnership yang dilakukan oleh Prodi ES adalah penandatangan kerjasama dengan beberapa Koperasi Simpan Pinjam Syariah untuk mengembangkan kompetensi lulusannya dengan secara aktif melaksanakan magang kerja di instansi keuangan syariah tersebut.

Ditemui secara terpisah terkait dengan kerja sama dan partnership yang dilakukan oleh prodi ES, Kaprodi Program ES Unuja, Bapak Su’ib menerangkan alasannya.

“Ekonomi syariah ini punya peluang dan potensi yang sangat cerah, hal ini harus dikejar dan para akademisi dan lulusannya perlu dibekali dengan maksimal” terangnya terkait dengan penandatanganan kerjasama dengan beberapa institusi keuangan syariah yang ada di wilayah Tapal Kuda.

“Untuk sekarang masih di daerah sekitar Tapal Kuda, kedepannya Kita usahakan untuk memperluas jaringan dan wilayah cakupan Kami agar para mahasiswa/i yang akan melakukan praktik kerja bisa mengembangkan kompetensinya dengan nyaman dan leluasa” tutupnya terkait dengan penandatangan kerjasama tersebut.

Baca juga :  Kunjungan Pemerintah Desa Pesisir ke Daerah Mandaran Dalam Upaya Terwujudnya BUMDES Melalui Partisipasi Ekologis Warga Mandaran Pesisir Besuki Situbondo

Dalam realisasinya, mahasiswa program studi ekonomi syariah nantinya akan melakukan 2 buah praktikum sebelum bisa menyelesaikan studinya.

Praktikum dilaksanakan oleh mahasiswa semester 6 atau 7, tujuan umum dari praktikum adalah untuk menumbuhkan jiwa wiarusaha mahasiswa pada bisnis lokal, yang pada akhirnya diharapkan menembus pasar nasional.

Setelah itu, mahasiswa/i kemudian diarahkan untuk mengikuti praktikum kedua yang dilakukan untuk Pengenalan dan Pemahaman tentang tugas, wewenang serta mekanisme kerja lembaga ekonomi seperti instansi pemerintah, perusahaan/pabrik, lembaga asuransi maupun lembaga keuangan non bank. Kegiatan praktikum  2 dilaksanakan di wilayah tapal kuda (Situbondo, Probolinggo, Bondowoso, Jember)

Klik disini untuk share