JAKARTA – Sebelumnya, Jokowi pernah menyebut ada pelabuhan yang tidak memiliki jalan akses. Terkait dengan hal tersebut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi blak-blakan soal proyek pelabuhan yang disinggung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, pelabuhan yang dimaksud Presiden Joko Widodo adalah Pelabuhan Batanjung di Kalimantan Tengah dan Pelabuhan Pacitan di Jawa Timur.

Dia menepis anggapan bahwa Pelabuhan Patimban merupakan pelabuhan yang dimaksud Jokowi tak punya jalan akses. Menurutnya, jalan akses sudah ada dan sedang dibangun, dan itu adalah jalan tol.

“Apa yang disampaikan Presiden, yang dimaksud bukan Patimban, tapi di Batanjung dan Pacitan. Kalau Patimban memang prosesnya saya jelaskan, masih ada pembangunan tahap ke dua, lalu nanti jalan tol akan selesai,” kata Budi Karya dalam rapat kerja di Komisi V DPR, Rabu (2/6/2021).

Saat ini Pelabuhan Patimban juga sudah dijalankan, meski bertahap. Dalam dua tahun mendatang pelabuhan Patimban akan dilengkapi jalan tol jaminnya.

“Sekarang patimban sudah dijalankan. Memang bertahap, tapi dua tahun mendatang, jalan tol sudah selesai. Kemudian, tahap kedua yang kontainer juga selesai,” ungkap Budi Karya.

Hal ini disampaikan Budi Karya untuk menjawab anggapan Pelabuhan Patimban mangkrak, hal itu sempat disinggung Bambang Hermanto, salah satu anggota DPR Komisi V.

“Jadi saya tegaskan, tidak ada yang mangkrak di Patimban,” kata Budi Karya.

Bambang sendiri sebelumnya bertanya mengapa Kemenhub banyak mencanangkan pembangunan baru di tengah minimnya anggaran. Menurutnya, banyak proyek yang berjalan dan mangkrak juga butuh perhatian.

“Ini bapak anggaran turun, terus kok masih ada rencana pembangunan baru pak? Ada proyek mangkrak juga kan butuh diselesaikan,” kata Bambang.

Dia melanjutkan, salah satu proyek yang mangkrak adalah Pelabuhan Patimban. Dia menilai pelabuhan itu belum selesai-selesai pembangunannya.

Baca juga :  Adakan Lokakarya Peningkatan Sistem Pendidikan, Unuja 2 Langkah Menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul

“Sedikit mangkrak, kayak proyek Patimban. Tahap satu aja belum selesai pak. Ini terus dilanjut tahap dua misalnya. Menurut hemat saya, akan lebih baik kalau misalnya kita fokus ke proyek yang kayak begini, selesaikan dengan cepat, semoga masyarakat bisa nikmati,” papar Bambang.

Klik disini untuk share