JEMBER – Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud) RI melalui direktorat kursus dan pelatihannya baru saja melaksanakan kegiatan pelatihan desain grafis yang ditujukan untuk memberikan bekal kemampuan khususnya dalam desain grafis.

Desain grafis dan industri kreatif lainnya memang mengalami trend positif yang signifikan selama pandemi. Mulai maraknya digitalisasi berbagai layanan juga sangat memengaruhi kondisi pasar desain.

Hampir semua sektor mulai mendigitalisasi layanan dan produknya yang tentunya membuka peluang besar bagi pelaku insdustri kreatif seperti graphic designer dan tenaga kreatif lainnya.

Program pelatihan desain grafis yang digagas oleh Kemendikubud melalui direktorat kursus dan pelatihannya ini dilaksanakan di berbagai tempat dan menggandeng beberapa pihak baik pihak pemerintah maupun swasta.

Pelatihan ini ditujukan untuk memberikan pengalaman dan peningkatan skill bagi para peserta yang mengikuti program tersebut. Hasil akhir yang diharapkan, para peserta program ini mampu memperoleh skill yang memadai dan dapat bersaing dan terjun di industri kreatif yng memiliki pasar yang cukup besar ini.

Salah satu partner program pelatihan desain grafis adalah LKP Texas. Kemenaker bekerja sama dengan LKP Texas dalam pelaksanaan pelatihan desain grafis bagi masyarakat Jember yang dilaksanakan mulai Senin (14/06/21).

Dalam progresnya, pelatihan tersebut akan dilaksanakan selama 3 bulan dengan target 40 kali pertemuan. Melalui 40 pertemuan tersebut, diharapkan para peserta pelatihan dapat memperoleh bekal dan skill yang memadai untuk terjun ke industri kreatif baik dalam maupun luar negeri.

Hal ini mengingat pasar industri kreatif yang cukup luas dan trend digitalisasi dan penggunaan internet yang terus meningkat dari hari ke hari.

Pimpinan Lembaga Kursus dan Pelatihan Texas, Lucia Endang memberikan sambutan dalam pembukaan program pelatihan desain grafis

Pimpinan Lembaga Kursus dan Pelatihan Texas, Lucia Endang mengungkapkan antusiasme dan optimismenya terhadap para peserta pelatihan. Harapannya, para peserta pelatihan tersebut nantinya dapat bersaing dan unjuk gigi bukan hanya di lingkup Jember, bahkan nasional sekalipun.

Baca juga :  Program Kampus Merdeka, Mahasiwa Upgrade Skill di Luar Perkuliahan

Kegiatan tersebut, ungkapnya juga sekaligus menjadi pilot model yang nantinya akan dikembangkan lebih lanjut di kemudian hari.

Selain mendapatkan pelatihan desain grafis secara gratis, para peserta juga memperoleh beberapa fasilitas pendukung serta insentif yang diperoleh di akhir masa pelatihan.

(rhmn)

Klik disini untuk share