GUBUKINSPIRASI.COM – Pernahkah kamu menggunakan istilah A.M dan P.M secara tertukar? Sebenarnya apa sih yang membuat fungsinya berbeda? Berikut pengertian dan penggunaan A.M P.M dalam bahasa Inggris!

Cara untuk menunjukkan waktu dalam bahasa Inggris terbagi menjadi dua bagian. Secara sederhana pembagiannya didasarkan kepada siang dan malam.

Pertama, adalah pada waktu ‘AM (Ante Meridiem)’ yaitu dimulai sejak saat tengah malam, dini hari, hingga pagi menjelang siang tiba (00:00 – 11:59).

Kedua, adalah pada waktu ‘PM (Post Meridiem)’ yaitu dimulai sejak saat tengah hari (siang), sore, hingga malam tiba (12:00-23:59).

Berasal Dari Manakah Istilah AM dan PM?

Berdasarkan sejarah di Inggris, kedua istilah ini (AM dan PM) mulai digunakan sejak abad ke-17 dan saling berkaitan satu sama lain.

Awalnya karena masyarakat di sana terbiasa menggunakan jam analog yang hanya memunculkan waktu 12 jam. Oleh karena itu, mereka terbiasa membagi waktu 24 jam menjadi dua bagian, yaitu AM (before midday) atau sebelum tengah hari dan PM (after midday) atau setelah tengah hari.

Tahukah Kamu?

Istilah Ante Meridiem (AM) dan Post Meridiem (PM) berasal dari bahasa latin di Mesir. Fakta menariknya adalah istilah ‘PM’ sudah digunakan sejak awal tahun 1640-an, sedangkan ‘AM’ baru mulai digunakan setelah tahun 1760-an.

Dahulu, orang-orang Mesir Kuno sudah menggunakan sistem pembagian dua waktu tersebut sejak tahun 1500 SM. Tidak hanya di Inggris saja, beberapa negara terkenal seperti Amerika Serikat, Selandia Baru, Australia, Filipina, dan India juga masih menggunakannya. Meskipun begitu, penggunaan waktu 24 jam tetap lebih umum digunakan banyak negara di dunia.

Pembagian Hari Menjadi Jam, Menit dan Detik

Orang Mesir dan Babilonia memutuskan untuk membagi hari dari matahari terbit hingga terbenam menjadi dua belas bagian yang disebut jam.

Baca juga :  Mengenal Marie Thomas Ada di Google Doodle Hari Ini? Dokter Wanita Pertama di Indonesia asal Minahasa

Mereka juga membagi, waktu dari matahari terbenam sampai matahari terbit, menjadi dua belas jam. Tetapi siang dan malam tidak sama panjangnya, dan panjang siang dan malam juga berubah sepanjang tahun.

Sistem pengukuran waktu ini tidak terlalu akurat karena lamanya satu jam berubah tergantung pada waktu dalam setahun. Ini berarti jam air harus disesuaikan setiap hari.

Seseorang akhirnya menemukan bahwa dengan membagi sepanjang hari menjadi 24 jam dengan panjang yang sama (12 jam siang ditambah 12 jam malam), waktu dapat diukur dengan lebih akurat.

Mengapa siang dan malam dibagi menjadi 12 bagian? Pembagian menjadi 12 ini didasarkan kepada jumlah siklus bulan dalam setahun, jadi ini adalah angka khusus di banyak budaya.

Jam dibagi menjadi 60 menit, dan setiap menit dibagi menjadi 60 detik. Ide membagi jam dan menit menjadi 60 bagian berasal dari sistem sexagesimal Sumeria, yang didasarkan pada angka 60. Sistem ini dikembangkan sekitar 4.000 tahun yang lalu.

Contoh Penggunaan Waktu AM dan PM

Setelah memahami perbedaan ‘AM’ dan ‘PM’, saatnya kamu mempelajari penggunaannya agar tidak tertukar. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan waktu dalam bahasa Inggris disertai kalimat percakapan yang tepat:

AM (Before Midday)

Tom: “Hey, Anna! I forgot to wear my watch. Could you please tell me what time is by your watch?”

Anna: “Oh sure, Tom. It is 09:35 AM”

PM (After Midday)

Tom: “Hey, Anna! I forgot to wear my watch. Could you just tell me what time is by your watch?”

Anna: “Oh sure, Tom. It is 3 PM”

Perlu diketahui pula, biasanya penutur asli bahasa Inggris tidak menggunakan AM dan PM apabila menjelaskan waktu yang bertepatan dengan jam 12:00 siang maupun malam.

Baca juga :  Negara Pertama di Dunia? Berikut Negara-Negara Tertua di Dunia, Ada yang Berusia Ribuan Tahun Sebelum Masehi

Mereka cenderung menggunaan ‘noon/midday’ setelah keterangan jam untuk siang. Sebaliknya adalah penggunaan ‘at night/midnight setelah keterangan jam untuk malam. Berikut adalah contohnya:

“The jewellery store is open at 12 noon” (Pukul 12 siang)

“Harry told me that he would come to a party at 12 midnight” (Pukul 12 malam)

Kamu juga bisa menjelaskannya dengan penggunaan ‘o’clock’ atau ‘sharp’ seperti berikut:

“The jewellery store is open at 12 sharp” (Pukul 12 tepat)

“Harry told me that he would come to a party at 12 o’clock” (Pukul 12 tepat)

Hanya saja, penggunaan tersebut tidak terlalu spesifik untuk menjelaskan apakah untuk pukul 12 siang atau malam seperti pada penggunaan sebelumnya.

Mengapa Ada Perbedaan Penulisan?

Pernahkah kamu menemui penulisan AM dan PM yang berbeda? Berikut adalah opsi-opsi yang bisa kamu gunakan:

  • 9PM (Penulisan kapital tanpa ‘.’ dan spasi)
  • 9 PM (Penulisan kapital tanpa ‘.’ dengan spasi)
  • 9 am (Penulisan huruf kecil tanpa ‘.’ dengan spasi)
  • 9.00 a.m. (Penulisan huruf kecil disertai ‘.’ dengan spasi)
  • 9:05 p.m. (Penulisan huruf kecil disertai ‘.’ dan ‘:’ dengan spasi)
  • 9:15 P.M. / 9.15 P.M (Penulisan huruf kapital disertai ‘.’ atau ‘:’ dengan spasi)

Sebaliknya, berikut adalah penulisan AM dan PM yang harus kamu ‘hindari’:

  • 9:00a.m. (Penulisan huruf kecil dengan ‘:’ dan ‘.’ tanpa spasi)
  • 9:15p.m. (Penulisan huruf kecil dengan ‘:’ dan ‘.’ tanpa spasi)

Sumber Rujukan :

https://en.wikipedia.org/wiki/12-hour_clock
https://www.nist.gov/pml/time-and-frequency-division/times-day-faqs
https://web.archive.org/web/20081013135550/http://www.arcytech.org/java/clock/clock_history.html

Klik disini untuk share