Wednesday, October 5, 2022

5 Destinasi Wisata di Asia Tenggara Kembali Dibuka, Ada Indonesia

INTERNASIONAL – Sejumlah pulau di Asia Tenggara dibuka lagi untuk wisatawan asing secara bertahap. Beberapa terletak di Thailand, Vietnam, dan Kamboja.

Melansir CNBC, Selasa (28/9/2021), tiga negara itu berhasil mencegah naiknya tingkat Covid-19 sepanjang 2020 sebelum ada perubahan kondisi saat varian Delta muncul.

Munculnya varian baru Covid-19 memaksa banyak negara di Asia Tenggara untuk menghadapi wabah besar untuk pertama kalinya. Rencana untuk membuka kembali destinasi wisata favorit seperti Phuket dan Bali pun ditangguhkan.

Singapura juga menutup sebagian perbatasannya untuk wisatawan karena adanya lonjakan kasus Covid-19.

Kendati demikian, saat ini sejumlah negara di Asia Tenggara sudah dan sedang berencana membuka kembali destinasi wisatanya untuk turis asing. Berikut Gubukinspirasi.com rangkum, Sabtu (2/10/2021):

1. Thailand

Thailand merupakan pelopor pembukaan kembali pariwisata Asia Tenggara. Pada 1 Juli 2021, mereka menyambut kembali wisatawan melalui skema gas-rem (sandbox).

Dalam skema itu, wisatawan yang sudah divaksin dan dites negatif Covid-19 sebelum dan sesudah tiba dapat memasuki Phuket tanpa karantina.

Pulau wisata itu menyambut kembali 26.400 wisatawan yang sudah divaksin, dan menghasilkan pendapatan pariwisata sebesar 1,63 miliar baht Thailand pada Juli dan Agustus. Selain Phuket, saat ini para pelancong yang sudah divaksin Covid-19 juga bisa mengunjungi pulau lain termasuk Koh Samui, serta bagian dari provinsi Krabi dan Phang-Nga.

Pantai Phuket, Thailand. ©2014 Merdeka.com/www.charmingasiatours.com

Pada Senin (27/9/2021), otoritas di Thailand mengumumkan, mereka berencana untuk membuka sebagian besar negara itu dalam tiga bulan ke depan.

Mereka menyetujui jadwal pembukaan kembali dalam empat tahap yang memprioritaskan destinasi wisata populer, termasuk Bangkok. Pariwisata mewakili 18 persen pendapatan domestik bruto (PDB) Thailand.

Negara ini telah berada di bawah tekanan besar untuk membuka kembali perbatasannya bagi pelancong internasional. Pada 2019-2020, negara tersebut mengalami penurunan wisatawan sebesar 83 persen dan kehilangan sekitar 13,54 miliar dollar AS pendapatan pariwisata potensial pada 2020.

Comment
Baca juga :  Mengenal WPAP, Karya Seni Asal Indonesia yang Mendunia
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler