Sunday, October 2, 2022

Webinar Nasional Sahabat Cerdas, Untuk Indonesia Cerdas

SITUBONDO – Yayasan Sahabat Cerdas menggelar Webinar Nasional yang dibungkus dengan talkshow dan pelatihan untuk UMKM di seluruh Indonesia pada Sabtu (09/10/21).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Yayasan Sahabat Cerdas ini diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ivan Althirafi selaku CEO dari GoSocial Indonesia sebagai pemateri dalam sesi talkshow dan pelatihan digital marketing untuk UMKM.

Tema yang diangkat dalam Webinar tersebut adalah Digital Marketing Level Start Up. Sebuah isu yang diangkat seiring dengan berkembang pesatnya ekosistem digital di Indonesia.

Menurut penuturan dari Vini Vionita selaku ketua panitia dari kegiatan tersebut. Digital Marketing merupakan hal yang esensial dan perlu dipahami oleh para pelaku bisnis dewasa ini. Baik bisnis berskala besar maupun kecil (UMKM), pemahaman tentang digital marketing adalah hal yang cukup krusial.

“Digital marketing adalah kunci, menjangkau lebih banyak pelanggan, anggaran yang lebih terhitung serta pelanggan yang jauh lebih tertarget dibandingkan dengan pemasaran konvensional” Jelas Ivan dalam sesi pemaparannya.

Bank Indonesia mencatat dari Januari-September 2020, rerata nilai transaksi uang elektronik meningkat 31%
dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Nilai transaksi uang elektronik paling tinggi tahun ini terjadi pada
April seiring dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Data tersebut memberikan sinyal yang jelas bahwa perilaku konsumen mulai beralih dari pembelian dan belanja konvensional menjadi belanja secara digital. Sebuah momen yang sangat tepat untuk segera beralih ke digital.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk menuju digital? Ivan menjelaskan dalam pemaparannya tahapan yang diperlukan untuk menuju digital antara lain meliputi beberapa aspek.

Aspek yang pertama adalah pembuatan branding. Menurutnya, branding merupakan hal pertama yang harus disiapkan oleh pelaku usaha yang akan melakukan digital marketing.

Baca juga :  PKL di Tengah Pandemi? Kenapa Tidak! KPI UNUJA Membuktikannya

Dengan brand yang kuat, bisnis yang dikelola dapat dikenal dan berkembang dengan pesat berkat branding kuat yang dibangun.

Langkah selanjutnya, menurut Ivan adalah mulai membuat lapak/ tempat berjualan di berbagai media. Mulai dari listingan alamat, sosial media dan marketplace.

Menutup pemateriannya, Ivan kemudian membagikan tips dan trik serta beberapa hack untuk memboost pemasaran secara digital.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi interaktif yang dipandu oleh Azzahra Siregar yang menjadi moderator pada acara tersebut.

Para peserta cukup antusias yang membuat sesi diskusi dan tanya jawab pada siang hari itu menjadi cukup seru dan aktif. Para peserta menanyakan berbagai topik yang cukup seru dan penuh dengan insight baru.

Setelah sesi tanya jawab usai, acara Webinar tersebut kemudian ditutup dengan pembacaan doa. (*)

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler