Saturday, January 22, 2022

Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan, Prodi ES Unuja Adakan Pengembangan Kompetensi Mahasiswa

PROBOLINGGO – Kompetensi dan skill merupakan salah satu bobot yang ditekankan bagi mahasiswa, selain pemahaman dan pengertian yang diperoleh di bangku perkuliahan.

Menyadari hal tersebut, prodi Ekonomi Syariah Universitas Nurul Jadid mengadakan kegiatan Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (PKM), yang dilaksanakan pada fokus manajemen bisnis, dan membentuk jiwa wirausaha muda.

Kegiatan Pengembangan Kompetensi Mahasiswa atau disingkat PKM dilaksanakan mulai Tanggal 1 Januari 2021 sampai 30 September 2021. Dalam kurun waktu tersebut, mahasiswa prodi ES ditugaskan untuk membuat produk dan memasarkannya dalam kurun waktu Maret 2021 s/d Juli 2021.

Setelah membuat produk dan memasarkannya, mahasiswa prodi ES kemudian diminta untuk mempresentasikan produknya kepada dewan pengajar dan dosen ekonomi syariah pada kurun waktu 15 Agustus 2021 s/d 30 September 2021.

Kegiatan PKM yang digelar oleh prodi Ekonomi Syariah Universitas Nurul Jadid diikuti oleh 92 mahasiswa semester VI angkatan 2018/2019. Dari kegiatan terebut, dihasilkan sekitar 48 produk kreasi mahasiswa ES Universitas Nurul Jadid.

Adapaun produk yang dihasilkan antara lain Bocokis Umroh, Abon Ikan Tuna, Krupuk Ikan Tongkol, Terasi Gurah, Abon Nori Tanjung, Peyek Rebon, Basreng, Nugget Ikan, Ikan Kering Dandeng, Bolu Pisang, Es Perut, Piscok, Abon Ikan Tongkol, Kerupuk Udang, Kerupuk Ikan Jenggelek, dll.

Kegaitan PKM sendiri, seperti diterangkan oleh Moh Su’ib Kaprodi Ekonomi Syariah adalah ditujukan mengembangkan potensi dan minat wirausaha Mahasiswa serta mencapai beberapa tujuan mendasar yang meliputi :

  1. Mahasiswa mampu dalam ikut berkompetisi dalam momen-momen kegiatan bisnis yang diselenggarakan oleh Kemenristek dan Kemenag
  2. Mahasiswa mempunyai produk yang dapat dikembangkan dalam dunia bisnis.
  3. Mahasiswa telah mampu berkolaborasi dengan stakeholder di tempat perusahaan atau UMKM dalam bentuk interaksi kegiatan dalam teori-teori bisnis yang ada di bangku kuliah
  4. Mampu dan Profesional serta kompeten dalam melihat peluang usaha dalam bisnis
  5. Bersikap obyektif, rasional dan berkontribusi positif pada kemaslahatan umat.
  6. Mampu menjunjung tinggi nilai-nilai etis dalam kegiatan PKM.
  7. Mampu memahami dinamika dan menguasai dasar-dasar di bisnis pada lembaga ekonomi yang di dapat dari bangku kuliah
  8. Memiliki Keterampilan yang bermanfaat untuk mendukung skill yang dimiliki
  9. Mampu mentransfer pengetahuan yang diperoleh dari tempat bisnis untuk membangun ekonomi masyarakat.
  10. Mampu memberikan solusi yang kontributif terhadap persoalan-persoalan bisnis yang berkembang di masyarakat.
  11. Adanya umpan balik dari lembaga bisnis dan keuangan kepada mahasiswa ataupun pada Prodi Ekonomi Syariah dalam bentuk kerjasama, pendampingan dan program-program kedua belah pihak.
Salah satu poster produk hasil kreasi Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Nurul Jadid (via Istimewa)

11 Poin tersebut merupakan tujuan dasar dari pelaksanaan PKM Ekonomi Syariah yang dilaksanakan selama 10 bulan dan diakhiri dengan presentasi dan penilaian oleh tim Dosen.

Baca juga :  Mahasiswa UNUJA Bayar BKT Walau Terdampak Pandemi

Selama 10 bulan tersebut, 92 Mahasiswa didampingi oleh Dosen tetap Prodi ES sebagai pendamping yang membantu dan menjadi tempat konsultasi dan bimbingan selama masa pelaksanaan program.

“Kami berharap program seperti ini bisa dilaksanakan secara rutin dan dikembangkan setiap tahunnya. Tahun ini Saya melihat bahwa potensi yang muncul cukup besar dan hasilnya cukup memuaskan” Terang Kaprodi ES kepada wartawan Gubuk Inspirasi terkait dengan PKM ES. (*)

(rhmn)

Comment
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, membaca gratis seperti engkau menghirup udara

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler