Thursday, June 23, 2022

5 Ide Daur Ulang Barang Bekas Sederhana dari Rumah

Banyak sampah di rumah? Biasanya sampah rumah tangga dibuang begitu saja ke tempat sampah. Alih-alih membuangnya begitu saja dan menambah beban kerusakan lingkungan, bagaimana kalau kali ini kita coba cara lain, yaitu daur ulang barang bekas sederhana.

Tidak perlu mengubah sampah jadi produk baru dengan cara yang rumit dan makan banyak waktu. Berikut beberapa ide daur ulang barang bekas sederhana yang bisa kamu tiru di rumah.

1. BAJU BEKAS JADI SARUNG BANTAL

Ke mana kamu membuang baju yang tidak lagi terpakai? Baju-baju itu biasanya disalurkan ke orang-orang yang membutuhkan, digunakan sebagai lap dapur, atau terbuang begitu saja di tempat sampah. Daur ulang barang bekas sederhana kali ini bisa kamu praktekkan dengan baju kesayangan, lho.

Kamu bisa mengubah baju dan kain yang tidak digunakan lagi menjadi sarung bantal. Caranya mudah, gunting bagian kain yang masih bagus seluas bantal. Jahit tiga sisinya dengan tangan atau mesin jahit. Setelahnya masukkan bantal dan jahit bagian yang masih terbuka.

2. BAN BEKAS JADI POT BUNGA

Jika sebelumnya ban mobil bekas milikmu ditinggalkan begitu saja di bengkel, sekarang saatnya untuk dibawa pulang dan dikreasikan jadi barang bermanfaat. Daur ulang barang bekas sederhana dengan bahan dasar ban bekas kali ini dijamin bikin rumah kamu kelihatan cantik dan segar!

Caranya mudah. Kamu hanya perlu mengecat ban dengan warna favorit, mengikat salah satu sisinya dan segera gantungkan ban di dinding. Jika sudah, kamu tinggal mengisi ban dengan tanah dan menanam kembang/tanaman. Jangan lupa untuk menyiramnya secara teratur agar tanaman tumbuh sehat ya.

3. BOTOL BEKAS JADI POT BUNGA/TEMPAT ALAT TULIS

Ide daur ulang barang bekas sederhana yang kali ini pasti sudah umum dikenal. Botol plastik bekas minuman kemasan bisa dikreasikan jadi pot bunga atau tempat alat tulis. Untuk pot bunga, kamu tinggal memotong bagian perut botol atau bagian atas botol. Pot bunga dari botol plastik ini nantinya bisa digantung atau diletakkan di bagian rumah yang diinginkan.

Baca juga :  Industri Pertambangan dan Dampak Terhadap Lingkungan

Jika kamu ingin membuat tempat alat tulis dari botol plastik bekas, caranya lebih mudah. Hanya perlu memotong botol di bagian tengah, lalu hias bagian botol yang besar dengan cat atau pita. Agar bisa menampung banyak alat tulis, kamu bisa membuat kreasi dari beberapa botol sekaligus dan lalu menempel potongan botol tadi dengan lem serbaguna.

4. KALENG BEKAS JADI CELENGAN/WADAH BUMBU MASAK

Sering membeli bahan makanan dalam wadah kaleng? Kemasan kalengnya bisa dimanfaatkan kembali lho. Daur ulang barang bekas sederhana dari kaleng ini butuh ketelitian khusus karena bagian kaleng yang dipotong cukup tajam dan bisa berbahaya.

Kaleng bekas bisa dijadikan celengan atau wadah bumbu masak. Jika ingin menjadikannya celengan, kamu tinggal membuat tutupnya dari kain atau kardus bekas dan mengikatnya dengan pita warna-warni. Bagian luar kaleng juga bisa dicat agar celengan terlihat lebih menarik. Untuk bumbu masak, boleh dibolongi kecil-kecil dulu bagian bawah kalengnya agar sirkulasi udara di dalam kaleng lancar dan bumbu tidak cepat rusak karena lembab.

5. KARDUS BEKAS JADI RAK SUSUN/MAINAN ANAK

Punya banyak stok kardus yang cukup tebal dan kokoh? Kamu bisa coba menyusunnya jadi rak, lho. Agar kelihatan menarik, bisa lapisi lebih dulu bagian luar kardus dengan kertas warna-warni.

Tidak butuh rak? Ide daur ulang barang bekas sederhana dari kardus lainnya adalah, mainan anak! Saat ini cukup banyak orang yang berbagi cara menggunakan kardus sebagai bahan utama mainan anak seperti mobil-mobilan, dapur-dapuran, hingga kamera! Kamu bisa temukan ide dan cara membuatnya dengan menggunakan hashtag #mainankardus di Instagram.

***

Daur ulang barang bekas sederhana adalah salah satu cara untuk mengurangi jumlah sampah di bumi. Yuk mulai langkah kecil kita sekarang, untuk bumi lebih baik di masa depan.

Baca juga :  Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Petani Mangrove Blekok adakan penanaman 15.000 Bibit Mangrove

Komunitas baca, Perpustakaan Jalanan Besuki Membaca saat ini sedang melakukan kampanye Pasar Gratis dengan membuka Donasi sampah berupa botol plastik dan Minyak goreng bekas untuk dijadikan modal dan pendaan kegiatan pasar gratis yang dibuka pada tanggal 27 November 2021. Mari bergabung dan sukseskan acara tersebut dengan bantuan sekecil apapun.

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler