Wednesday, May 18, 2022

Peluncuran Buku Inkubator Literasi Pustaka Nasional 2021, Perpusnas Berhasil Jaring 100 Penulis dan Terbitkan 5 buah Buku

JAKARTA – Perpusnas Press mengadakan kegiatan Peluncuran dan Diskusi Buku Inkubator Literasi Pustaka Nasional 2021 pada Selasa (03/11/21) di Teater Perpusnas, Jl Medan Merdeka Selatan No. 11 Jakarta.

Kegiatan peluncuran dan diskusi buku tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan Inkubator Literasi Pustaka Nasional 2021 yang dilaksanakan oleh Perpusnas Press bekerja sama dengan beberapa pihak yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam pembukaannya, pihak perpurnas press menyampaikan sekilas tapak sejarah kegiatan Inkubator Literasi yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2020.

Pada 2020, Inkubator Literasi Pustaka Nasional diselenggarakan dan menghasilkan buku antologi yang memuat karya dari 15 penulis terpilih.

Dalam kegiatan peluncuran dan diskusi buku Inkubator literasi nasional 2021, perpusnas press mengundang beberapa penulis dan tokoh literasi nasional sebagai narasumber dalam kegiatan pada pagi hari tersebut.

Selain dilaksanakan secara luring di Teater Perpusnas, Jl Medan Merdeka Selatan No. 11 Jakarta. Kegiatan Peluncuran dan Diskusi buku juga disiarkan secara daring melalui Zoom Meeting dan di broadcast secara live di kanal Youtube Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Para tokoh dan penggerak literasi yang diundang dalam kegiatan peluncuran dan diskusi buku tersebut antara lain, Gol A Gong (Penulis sekaligus Duta Baca Indonesia), Yanuardi Syukur (Penulis dan Presiden Rumah Produktif Indonesia), Suprawoto (Penulis sekaligus Bupati Magetan), Hestu Wibowo (Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jember), Rotmianto Muhammad (Penulis dan Pustakawan), Dayu Rifanto (Penulis dan Pegiat Literasi) serta keynote speaker pada acara diskusi buku pagi itu Muhammad Syarif Bando (Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia) dipandu oleh Edi Wiyono, Pemred Perpusnas Press yang menjadi Moderator pada acara tersebut.

Melalui pelaporan yang dilakukan oleh ketua panitia kegiatan Inkubator Literasi Pustaka Nasional 2021, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mendorong dan menciptakan tulisan-tulisan yang dibutuhkan sekaligus mendorong penulis-penulis muda dan penulis di daerah agar bisa mendapat wadah untuk tulisannya.

Baca juga :  Anjing Bahagia yang Mati Bunuh Diri - Sebuah Cerpen Karya Agus Noor

Dalam penutupannya, panitia Inkubator Literasi Pustaka Nasional mengharap kegiatan tersebut dapat terus dilaksanakan dan dikembangkan lebih lanjut di tahun yang akan datang.

Buku-buku yang diterbitkan dalam kegiatan terebut antara lain “Kearifan Lokal untuk Memperkuat Literasi”, “Literasi dalam Pemberdayaan Kearifan Lokal”, “Representasi Kearifan Lokal di tengah Modernitas”, “Kancah Juang Kawula Muda”, dan “Menelisik Potensi dan Produk Unggulan Wisata Sekarkijang”. (*)

Penyerahan simbolis buku hasil kegiatan Inkubator Literasi Pustaka Nasional 2021. (Via Zoom Meeting)

(rhmn)

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler