Tuesday, May 17, 2022

Sejarah Hari Pahlawan 10 November dan Peristiwa di Baliknya

Peringatan Hari Pahlawan di Indonesia menjadi salah satu hari besar yang dirayakan seluruh masyarakat Indonesia untuk mengenang jasa pahlawan yang telah gugur di medan perang. Tentunya terdapat sejarah di balik peringatan Hari Pahlawan. Bagaimana sejarah Hari Pahlawan di Indonesia? Mari simak pemaparan lengkapnya dalam artikel ini.

Sejarah Hari Pahlawan di Indonesia dan Waktu Peringatannya

Hari Pahlawan adalah hari besar di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 10 November setiap tahunnya. Peringatan tahunan ini diselenggarakan untuk mengenang jasa pahlawan yang telah gugur di medan perang, khususnya bagi pahlawan yang telah gugur setelah melawan penjajah pada 10 November 1945 silam.

Pemaparan mengenai peringatan Hari Pahlawan dipaparkan secara rinci dalam buku berjudul Menggores Tinta di Lembah Hijau yang disusun oleh Muhammad Nurudin (2019: 187) yang menyebutkan bahwa hari pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November dirayakan dengan tujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang atas pertempuran dahsyat yang meletus di Surabaya.

Dalam buku tersebut juga tertulis bahwa sejarah Hari Pahlawan diselenggarakan untuk memperingati perlawanan antara warga Surabaya serta para tentara dan milisi Indonesia yang pro kemerdekaan melawan penjajah yakni tentara Britania Raya dan Belanda yang hendak mengambil alih kota Surabaya mengakibatkan ribuan nyawa rakyat Indonesia gugur.

Peristiwa tersebut rupanya menjadi bagian dari Revolusi Nasional Indonesia. Peringatan Hari Pahlawan tersebut akhirnya ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959. Dalam peristiwa 10 November tersebut tentunya banyak pahlawan yang berjasa di dalamnya, salah satunya adalah Bung Tomo.

Bung Tomo adalah tokoh penting pada peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.Beliau merupakan seorang pembakar semangat juang bagi rakyat Indonesia untuk bertempur sampai titik darah penghabisan. Beliau mempertahankan harga diri tanah, tanah air, dan bangsa yang telah diproklamasikan pada 17 Agustus 1945.

Baca juga :  April Mop, Sejarah, Perkembangan dan Alasan Dilarangnya Perayaan April Mop

Bung Tomo dikenal sebagai sosok yang berani menyerukan semangat para pemuda Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui pidatonya yang sangat keras, tegas dan berani. Pidato ini lah yang membakar semangat para pemuda untuk berani menghadapi lawan yang ingin merebut Surabaya dari Indonesia.

Penjelasan lengkap tentang sejarah Hari Pahlawan di Indonesia dan peristiwa besar di baliknya dapat kita pahami untuk meningkatkan rasa cinta tanah air kita. Mari kita teladani semangat juang para pahlawan sebagai cara kita mempertahankan kemerdekaan Indonesia sampai akhir hayat kita nanti. (DAP)

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler