Saturday, October 1, 2022

Tips dan Trik Membuat CV (Curriculum Vitae) yang Baik dan Menarik

Bagaimana cara membuat membuat CV yang menarik? Apakah pertanyaan ini pernah mengusikmu, Sobat Inspirasi? Cepat atau lambat, CV (Curriculum Vitae) akan menyita perhatian kita. Itulah kenapa kita perlu tahu dan belajar tentang bagaimana cara membuat Curriculum Vitae. Then, let’s do so, Sobat!

Pengertian CV/ Curriculum Vitae

Daftar riwayat hidup atau CV adalah dokumen yang memberi informasi tentang kualifikasi seorang pencari kerja. Informasi yang disebutkan dalam sebuah daftar riwayat hidup mencakup data pribadi, latar belakang pendidikan, prestasi, keterampilan, pengalaman profesional, dan lain-lain.

Diterjemahkan dari Bahasa Latin, pengertian CV adalah “perjalanan hidup saya.” Karena ditujukan untuk melamar pekerjaan, isi CV harus memuat informasi yang mampu menggambarkan pengalaman profesional dan akademis kita.

Isi Format CV yang Wajib Ada

As it’s mentioned earlier, isi CV harus menggambarkan prestasi akademis dan pengalaman profesional kita. Maka dari itu, yang wajib dicantumkan dalam CV adalah:

1. data diri seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email

2. riwayat pendidikan yang mencakup almamater dan gelar

3. pengalaman kerja mencakup posisi yang pernah ditempati, durasi bekerja, job description, perusahaan tempat bekerja, sertakan pula pengalaman kegiatan organisasi, sukarelawan, maupun magang

4. keterampilan pendukung yang memuat keahlian dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan.

Poin-poin penting isi CV di atas dicantumkan secara kronologis. Sertakan deskripsi atau penjelasan yang diperlukan pada setiap poin, sehingga perjalanan hidupmu tergambar lengkap dan jelas. Jika ada, tuliskan pula pencapaian seperti kejuaraan kompetisi atau tambahan informasi lain yang dirasa perlu dicantumkan sebagai bagian dari isi CV.

Cara Membuat CV

Bagian-bagian penting dari isi CV di atas memang tak boleh ditinggalkan, tapi kita dapat menambahkan keterangan yang mendukung citra profesional tanpa mengaburkan format CV itu sendiri. Dan jangan lupa, Sobat. Format CV juga harus tampak menarik. Bukankah pelamar kerja bukan hanya kita? You need to make yourself standout among the crowd!

Itulah sebabnya, selain belajar tentang bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar, kita juga harus tahu bagaimana membuat CV yang menarik. Tapi seperti apa sih, CV keren dan menarik itu?

Baca juga :  Valuasi Perusahaan ; Elemen Penting yang Harus Dicermati Investor Pemula

Berikut ini beberapa contoh Curriculum Vitae sebagai referensi yang dapat kita pelajari. Tentu saja, Sobat Pintar dapat menyesuaikan contoh-contoh di bawah ini saat membuat CV yang menarik menurut versimu sendiri.


Mau bikin CV tapi tidak punya kemampuan desain? Atau tidak tau cara menyusun CV yang baik dan benar serta punya daya tarik? Tenang! Serahkan semua hal tersebut ke Inovasi Studio. Selain dibuat dan disusunkan CV, Kalian juga akan dibimbing cara menyusun dan membuat CV yang baik dan benar dan tentunya appealing bagi para head hunter yang sedang membuka recruitment.

Tunggu apalagi, hubungi Kami segera dan dapatkan CV terbaik untuk memperbesar peluangmu memperoleh pekerjaan.

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler