Saturday, January 22, 2022

Buy Nothing Day 2021 : Pasar Gratis Besuki Kolaborasi Berbagai Komunitas di Situbondo

SITUBONDO – Hari Tanpa Belanja adalah sebutan hari tidak resmi untuk melawan budaya konsumerisme. Hari Tanpa Belanja pertama kali dicetuskan oleh seorang seniman yang berasal dari Vancouver, Ted Dave, yang kemudian dipromosikan oleh majalah Adbusters Kanada pada tahun 1993.

Hari Tanpa Belanja atau Buy Nothing day kerak kali dirayakan setiap tahun dalam berbagai bentuk mulai dari kegaitan sampai kampanye oleh berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta.

Tahun ini, perkumpulan komunitas yang ada di Situbondo menggelar kegiatan pasar gratis sebagai refleksi hari tanpa belanja sedunia yang jatuh pada tanggal 27 November 2021.

Dalam gelaran tersebut, diadakan berbagai acara kemanusiaan yang bertempat di Alun-alun kecamatan Besuki.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu (27/11/21) tersebut antara lain :

  • Lapak baca buku gratis
  • Lauk pauk gratis
  • Pakaian gratis
  • Mewarnai gratis
  • Pangkas rambut gratis
  • Penampilan musikalisasi puisi oleh seniman lokal
  • Cek kesehatan gratis
  • Konsultasi hukum gratis yang bekerjasama dengan LBH Allen And Partner
  • Kegiatan donor darah yang menggandeng PMI Situbondo
  • Pameran Ikan cupang dan reptile yang bekerjasam dengan komunitas pecinta satwa Besuki
  • Serta penampilan live acoustic bersama dengan band lokal besuki

Kegiatan tersebut, menurut Arifin Nur selaku ketua panitia acara adalah bentuk konsolidasi dan upaya untuk menggerakkan rasa kemanusiaan masyarakat.

“Semuanya boleh hilang, namun tidak dengan nurani” Pungkasnya singkat.

Ditanya tentang sumber pendanaan, Arifin menjelaskan bahwa sumber dana dari kegiatan tersebut meyoritas merupakan donasi dan sumbangan dari komunitas yang ikut serta dan masyarakat sekitar.

Selain itu, panitia juga membuka donasi sampah dan minyak goreng bekas yang dijadikan sebagai salah satu sumber dana pengadaan kegiatan pasar gratis Besuki 2021.

Baca juga :  Paguyuban Paku Lima - Sebuah Cerita Panjang Perjuangan Masyarakat Pesisir Mandaran

Tidak hanya sampai disitu, UPT Puskesma Besuki yang digandeng sebagai salah satu partner juga turut menyemarakkan kegiatan pada Sabtu sore tersebut dengan mengadakan roadshow vaksinasi gratis bagi masyarakat.

“Kita ada beberapa barang dan donasi yang masih belum sempat dibagikan dan tersisa, kemungkinan akan ada kegiatan lanjutan namun masih menunggu koordinasi dan rapat dengan komunitas-komunitas lain yang terlibat hari ini” Jelas Arifin. (*)

(rhmn)

Comment
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, membaca gratis seperti engkau menghirup udara

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler