Sunday, October 2, 2022

Resensi Buku Karya DEE LESTARI “AROMA KARSA”

Sinopsis

Aroma Karsa bercerita tentang pencarian tanaman mitos, Puspa Karsa. Tanaman yang tumbuh di tempat rahasia dan hanya bisa diidentifikasi melalui kekuatan aroma, dari ekspedisi besar ini mempertemukan sosok Jati Wesi yang memiliki bakat penciuman luar biasa dengan seorang gadis yang juga memiliki kelebihan serupa bernama Tanaya Suma.

Ulasan Buku

Kisah bermula dengan seorang anak abdi dalem punakawan yang tumbuh besar di lingkungan Keraton Yogyakarta bernama Janirah dengan segala keingintahuannya yang tinggi membuat wataknya yang nekat semakin membesar sehingga satu peristiwa membawanya pada Lontar-lontar kisah Puspa Karsa.

Pertemuan pertama antara Jati Wesi dan Tanaya Suma tidak bermula dengan baik dan meninggalkan kesan buruk bagi diri Tanaya Suma anak semata wayang Raras Prayagung cucu Janirah, berbagai pandangan negative terhadap Jati Wesi membuat Tanaya Suma seperti tersaingi karena Jati memilki indra penciuman yang sama dengannya. Bertapak pada obsesinya dalam pencarian Puspa Karsa yang telah gagal pada ekspedisi sebelumnya, ia menjadikan anak semata wayangnya dan Jati Wesi sebagai alat untuk mejawab obsesi besarnya terhadap tanaman mitos Puspa Karsa tersebut. Intensitas percakapan dalam keseharaian antara Suma dan Jati menumbuhkan rasa biasa layaknya seorang teman yang berbagi pengalaman hidup dengan indra penciuman yang luar biasa sehingga tumbuh rasa cinta diantara keduanya.

Melalui ekspedisi tersebut, dengan orang-orang yang sudah ahli pada bidangnya masing-masing untuk menyusuri gunung yang terkenal mistis di tanah Jawa yaitu Gunung Lawu, berbagai misteri mulai terkuak. Perjalanan mencari Puspa Karsa mempertemukan mereka dengan Banaspati makhluk mitologi lokal yang menjadi tali merah kisah masa lalu serta fakta antara Tanaya Suma dan Jati Wesi yang merupakan penduduk asli Dwarapala dan dosa-dosa Raras Prayagung dari ekspedisi sebelumnya, sehingga terkuaknya sosok Aroma Karsa yang menjadi tujuan dari ekpedisi pencarian Puspa Karsa tersebut.

Baca juga :  BEM UNUJA Probolinggo Adakan Unuja In Competition

Keunggulan Novel

Keunggulan pertama pada karya ke-12 Dee Lestari ini ialah cara ia menghidupkan novel tidak hanya melalui imajinasi visual, namun penulis juga memasukkan imaji olfaktori atau indrera penciuman yang turut andil dalam pembangunan novel menjadi satu wadah dalam yang ke magisan dengan latar tempat Gunung Lawu, fiksi – fantasi dengan imaji olfaktori digambarkan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari sehingga pembaca dapat terbawa dalam suasana latar keseharian dan terjurumus dalam fantasi yang diciptakan oleh penulis.

Keunggulan kedua pada novel ini ialah adanya makhluk mitologi lokal, Banaspati = anak hutan identitas awal tokoh utama Jati Wesi dan sebuah desa mistis yang tak kasat dimata manusia biasa Dwarapala, dari berbagai buku bacaan yang pernah dibaca sebelumnya, Aroma Karsa karya Dee Lestari layak untuk diapresiasi karena jarang ada yang berani untuk mengangkat tema dan karakter mitologi nusantara.

Terakhir yang membuat buku ini memiliki nilai lebih dimata pembaca yakni desain serta ilustrasi pada sampul buku cukup menggambarkan diskripsi tokoh utama yakni Jati Wesi dan Tanaya Suma, serta gambar bunga anggrek merupakan perwujudan dan Puspa Karsa, ilustrasi tersebut dikerjakan oleh ilustrator gandengan Dee Lestari selama 15 tahun Fahmi Ilmansyah dan berkolaborasi dengan Hezky Kurniawan membuat ilustrasi Aroma Karsa semakin menawan.

Kelemahan Novel

Sebagai salah satu buku favorit dan sering merekomendasikan pada teman-teman, pada buku ini saya tidak menemukan kelemahan apapun, baik dari segi kualitas kertas, font tulisan serta alur ceritanya semua terlihat sempurna, ide cerita dengan ending yang sukses membuat pembaca puas dengan novel setebal 710 ini tidak terasa dan berdecak kagum.
Gaya Bahasa dan Diksi

Baca juga :  Resensi Buku "Entrok" Oky Madasari

Gaya bahasa serta diksi yang digunakan santai dan tidak ada kosa kata yang rumit, sekalipun dalam dialog dengan bahasa jawa kuno tetap bisa dimengerti oleh pembaca dan mengajak untuk kembali mengulik bahasa leluruh jawa, penggalan porsi yang sangat pas dan renyah untuk novel yang memilki 710 halaman, sehingga pembaca merasakan candu di setiap halamannya.

Identitas Buku

Judul Buku Aroma Karsa
Penulis Dee Lestari
Penerbit Bentang Pustaka
Tahun Terbit 2018
Genre Fiksi, Fantasi, Romansa, Misteri
Harga Buku Rp.125.000,00

 

Ditulis oleh Shafira : Mahasiswi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Nurul Jadid Semester 5

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler