Friday, October 7, 2022

Tutup Tahun 2021, Nurul Jadid Sabet Juara Eco Pesantren Tingkat Provinsi

PROBOLINGGO – Seusai verifikasi dan validasi data lapangan yang dilakukan oleh tim juri dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Timur ke 10 Pondok Pesantren (PP) di Jawa Timur terkait dengan pemenuhan standar pesantren berwawasan lingkungan  pada 11 s/d 19 November 2021.

Pondok Pesantren Nurul Jadid berhasil menyabet juara di tingkat provinsi dalam lomba Eco Pesantren 2021.

Eco Pesantren adalah program dari Kementerian Lingkungan Hidup yang dicanangkan sejak tahun 2008. Program ini bertujuan untuk mendorong peningkatan pengetahuan, kepedulian, kesadaran, dan peran serta aktif warga pondok pesantren terhadap upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup berdasarkan ajaran agama Islam.

Pada tahun 2021 ini, DLH Provinsi Jawa Timur untuk pertama kalinya melaksanakan kegiatan penilaian Eco Pesantren Tingkat Provinsi. Indikator penilaian Eco Pesantren yaitu adanya kebijakan ramah lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan berbasis taddabur alam, pengembangan sarana dan prasarana pendukung pondok pesantren, peningkatan kapasitas komunitas pesantren, kegiatan ramah lingkungan di Pondok Pesantren dan produk/jasa ramah lingkungan.

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat menjadi wadah generasi muda, khususnya santri agar menjadi lebih peduli dan berwawasan lingkungan sehingga menjadi motor penggerak dalam meningkatkan kualitas lingkungan di masyarakat nantinya.

Berdasarkan surat keputusan Gubernur Jawa Timur nomor 188/813/KPTS/013/2021 tentang Penghargaan Eco Pesantren Provinsi Jawa Timur Tahun 2021. Sebagai tindak lanjut dari Berita Acara hasil penilaian Eco Pesantren Provinsi Jawa Timur Tahun 2021 tanggal 18 November 2021 surat nomor 660/16695/111.5/2021 yang ditentukan oleh tim juri.

Dari hasil keputusan tersebut, Pondok Pesantren Nurul Jadid dinyatakan layak menyandang title Eco Pesantren tahun 2021 bersama dengan 9 Pesantren lainnya.

Adapun 9 Pesantren lain yang mendapatkan penghargaan Eco Pesantren adalah PP. Raudlatul Malikiyyah Ketapang Kota Probolinggo, PPTQ. Al-Munawwaroh Bungah Kab. Gresik, PP. Al-Baitul Hikmah Tempurejo Kab. Jember, PP. As-Syalafi Al-Fitrah Kota Surabaya, PP. Miftahul Mubtadiin Ar-Ridlo Kab. Nganjuk, PP. Mambaul Hikam Kab. Jombang, PP. Al-Kausar Kabupaten Banyuwangi, PP. At-Tanwir Kab. Bojonegoro, dan PP. Al-Hijrah Kab. Ngawi. (*)

Baca juga :  Itzy Debut Jepang Dengan First Single 'Voltage' Pada April Mendatang

(rhmn)

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler