Friday, October 7, 2022

10 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Liburan ke Luar Negeri

Bisa bepergian ke luar negeri mungkin menjadi impian bagi sebagian orang. Namun, perlu anda ketahui, bahwa liburan keluar negeri membutuhkan persiapan yang lebih banyak dan matang dibanding liburan domestik. Hal ini bertujuan agar anda merasa aman dan nyaman selama liburan.

Bagi anda yang baru pertama kali melakukan perjalanan ke luar negeri tentu tak ada salahnya untuk mengetahui beberapa hal yang seharusnya disiapkan sebelum anda berangkat.

Persiapan sebelum ke Luar negeri

1. Persiapkan Paspor Anda

Paspor adalah dokumen penting yang harus anda persiapkan. Tanpa paspor, maka anda tidak akan mendapatkan izin untuk bisa pergi keluar negeri. Anda bisa mengurus paspor anda lewat online.

2. Persiapkan Visa dari Jauh Hari

Selain paspor, visa juga merupakan dokumen penting yang tidak boleh anda lupa. Visa adalah izin untuk memasuki negara yang anda tuju. Anda harus mendapatkan visa di kedutaan besar negara yang anda tuju. Anda akan diwawancara, dan ditanyai mengenai kepentingan untuk pergi ke negara tersebut.

3. Cari tahu dengan betul destinasi anda

Ketahuilah destinasi mana yang akan anda tuju. Apakah anda akan menuju ke negara tropis, atau negara dingin seperti Eropa. Selain itu, ketahuilah hal-hal seperti kondisi negara tersebut, apakah sedang terjadi krisis, bagaimana dengan kurs mata uang, dan sebagainya.

4. Rencanakan perjalanan anda

Perjalanan ke luar negeri memerlukan rencana yang matang. Jika anda tidak merencanakannya dari jauh hari, maka anda akan kebingungan dan alhasil perjalanan keluar negeri anda menjadi kacau. Rencanakan dengan mempertimbangkan anggaran, dan destinasi anda.

5. Persiapkan anggaran yang cukup

Salah satu hal yang paling penting adalah anggaran. Jika anda ingin pergi ke luar negeri, tentu anggaran yang dikeluarkan pastilah akan banyak. Anda juga perlu mempertimbangkan seperti kurs rupiah dengan mata uang negara yang anda tuju.

Baca juga :  Tips dan Trik Menjadi Wisatawan Bijak dan Ramah Lingkungan

6. Booking akomodasi

Rencanakan akomodasi anda, booking akomodasi anda sesuai dengan seberapa lamanya anda akan melakukan travelling ke luar negeri. Seimbangkan pilihan akomodasi anda dengan anggaran anda.

7. Booking transportasi

Sama seperti akomodasi, transportasi juga perlu anda persiapkan dari jauh hari. Pastikan anda sudah membooking tiket pesawat, mendapatkan boarding pass, dan pastikan untuk tidak terlambat di hari keberangkatan.

8. Bisa juga dengan booking biro travel

Jika anda tidak ingin repot, maka anda juga bisa memesan paket perjalanan luar negeri lewat biro travel. Dengan jasa biro travel, anda hanya perlu membayar satu kali, dan biro travel akan mengurus mulai dari akomodasi, transportasi, makan, hingga destinasi wisata.

9. Persiapkan koper dan barang bawaan yang tepat

Packing juga merupakan hal yang penting. Rencanakan apa saja yang harus anda bawa, pastikan memilih koper yang cukup dengan barang bawaan anda. Jangan membawa terlalu banyak, namun jangan sampai ketinggalan hal-hal yang penting juga.

10. Pastikan kondisi kesehatan anda sedang prima

Salah satu yang paling penting adalah kondisi kesehatan untuk bepergian. Terutama dengan adanya pandemi COVID-19 ini, kesehatan akan sangat perlu untuk anda perhatikan.

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler