Sunday, October 2, 2022

LP3M Unuja Adakan Implementasi MB-KM Santri Untuk Mewujudkan Perguruan Tinggi Pesantren Bermutu dan Berdaya Saing

PROBOLINGGO – Seminar bertajuk “implementasi MB-KM Santri dalam mewujudkan perguruan tinggi pesantren bermutu dan berdaya saing” yang dilaksanakan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid Probolinggo mendapat sambutan positif dari pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Pesantren Se-Tapal Kuda Jawa Timur.

Hal itu terungkap setelah LP3M menggelar rangkaian Seminar Regional tentang MBKM Santri yang bertempat di Wisma Dosen UNUJA, Rabu-Kamis, 22-23 Desember 2021.

Saat ditemui, ketua LP3M yang juga sebagai ketua pelaksana, Achmad Fawaid, menjelaskan bahwa seminar ini merupakan realisasi dari permendikbud yang harus diterapkan bagi seluruh perguruan tinggi, termasuk perguruan tinggi di lingkungan pesantren.

“kegiatan ini menjadi terobosan baru bagi para pimpinan perguruan tinggi, tentang kemungkinan diterapkannya kebijakan MBKM di lingkungan pendidikan tinggi pesantren”, tuturnya.

Seminar yang dihadiri oleh tiga puluh perwakilan PTKIS Pesantren se-Tapal Kuda Jawa Timur ini juga ditujukan untuk menyikapi Permendikbud No 3 tahun 2020 dan sekaligus menindaklanjuti enam program MB-KM Santri yang telah diresmikan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek RI Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D. pada acara Wisuda di UNUJA Minggu silam (28/11).

Lebih lanjut, seminar ini juga turut dihadiri oleh ketua asosiasi PTKIS se-Tapal Kuda, Dr. KH. Kholilur Rahman, M.Pd yang memberikan kata sambutan dan sekaligus membuka kegiatan. Menurutnya, perguruan tinggi hari ini sedang bertranformasi. Harus bergerak cepat dan menyesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja.

“Maka kita harus melakukan perubahan, Dengan begitu program MBKM Santri dapat menjawab era industri 4.0. Itulah sebabnya kita bertemu selama dua hari ini untuk merumuskan dan melakukan MoU sesama PTKIS Pesantren”, kata Kholil.

Comment
Baca juga :  Ketua KPK Firli Bahuri Siap Bertaruh Nyawa Perangi Korupsi
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler