Wednesday, October 5, 2022

5 Kebiasaan yang Bisa Ganggu Kesehatan Tubuh Tapi Sering Disepelekan

Tuntutan hidup manusia modern semakin banyak saja dari hari ke hari. Di era digitalisasi seperti ini, ketergantungan akan gadget dan kebiasaan kurang sehat menjadi paket lengkap yang kadang terabaikan lantaran sibuk beraktivitas.

Nyatanya, masih banyak kebiasaan sepele yang sering dilakukan namun justru berdampak buruk bagi kesehatan. Apa saja?

Terlambat Makan

Mitos yang selama ini masih dipercaya banyak orang adalah menunda makan bisa menurunkan berat badan. Hal ini tentunya nggak sepenuhnya benar karena kelaparan akan meningkatkan nafsu makan dan tanpa disadari porsi makan akan jauh lebih banyak dari biasanya.

Lebih jauh lagi, menunda makan bisa memperlambat metabolisme tubuh yang bisa menyebabkan lemas hingga menurunnya sistem imun. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, bisa menyebabkan naiknya asam lambung bahkan hingga memicu diabetes.

Terlalu Lama Menghadap Layar Komputer & TV

Nggak bisa dipungkiri jika sebagian besar kehidupan sehari-hari bergantung pada layar dan gadget. Jika di kantor seharian menghadap layar komputer, setibanya di rumah pun hiburan yang digunkan untuk melepas penat nggak jauh jauh dari peralatan elektronik seperti smartphone, televisi, hingga game console.

Terlalu lama menghadap layar tanpa diimbangi aktivitas fisik bisa mengganggu kesehatan tubuh serta otak lho. Jika dilakukan secara terus menerus, bisa menyebabkan menurunnya kemampuan koginitif otak.

Kurang Aware dengan Polusi Udara

Sering disepelekan, polusi udara adalah salah satu penyebab terbesar dari gangguan pernapasan dan masalah terhadap paru-paru. Terlebih di kote besar, udara yang terhirup bisa saja mengandung berbagai bahan kimia dan zat tak dikenal.

Bukan tanpa alasan, asap kendaraan bermotor, limbah udara dari industri, serta zat lainnya bisa memicu kesehatan tubuh saat terhirup. Oleh sebab itu, selalu gunakan masker saat bepergian keluar.

Baca juga :  Cara Mudah Mencegah Maag Saat Sedang Puasa

Terlalu Lama Duduk

Duduk di kursi yang empuk memang bikin mager. Namun berlama-lama dalam posisi duduk bisa memperburuk kesehatan fisik loh!

Duduk dalam waktu yang lama bisa meningkatkan risiko penyakit obesitas, diabetes tipe 2, hingga penyakit kardiovaskular. Untuk mengatasinya, cobalah untuk melakukan aktivitas fisik secara berkala ketika berada dalam situasi yang menempatkanmu untuk duduk dalam waktu lama.

Begadang

Terjaga di malam hari dan tidur di pagi harinya adalah salah satu cara untuk merusak tubuh. Hal ini bisa mengganggu siklus natural tubuh yang biasanya mengharuskan manusia untuk tidur di malam hari dan bangun di pagi harinya. Mulai dari jantung, ginjal, lambung, hingga otak menjadi organ yang berisiko mengalami gangguan jika terlalu sering begadang.

Menjaga kesehatan tubuh juga bisa dimulai dengan asupan nutrisi yang baik dan seimbang. Mengonsumsi buah, sayur, dan mengurangi junk food adalah solusi untuk menjaga tubuh tetap bugar sehari-hari.

Sediakan selalu buah dan sayuran segar yang kini bisa kamu dapatkan melalui layanan online groceries. Tanpa harus belanja ke pasar dan menyita banyak waktu, seluruh kebutuhan nutrisi harianmu sudah bisa tiba di rumah dengan sekali mengakses melalui smartphone.

Comment
Erka
Erka
Penikmat sastra dan penyayang kucing yang suka dengan topik kesehatan dan sastra populer dan menghabiskan waktu senggang memainkan berbagai video game yang sedang populer

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler