Sunday, October 2, 2022

Pelantikan dan Harlah di Kalimantan Timur untuk Mengiringi IKN Baru

JAKARTA, GUBUKSINSPIRASI.com – Setelah resmi diumumkan, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU akan dilantik bersamaan dengan hari lahir (harlah) NU ke-96, 31 Januari 2022. Tidak hanya secara masehi, peringatan harlah akan dilaksanakan sampai 17 Februari 2022 atau 16 Rajab 1443 bersamaan dengan Harlah ke-99 NU versi hijriah.

Harlah tahun ini akan dibuat rangkain acara di empat provinsi di Indonesia, Balikpapan atau Samarinda di Kalimantan Timur, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Palembang di Sumatera Selatan, dan Surabaya atau Bangkalan di Jawa Timur. Menurut Sekretaris Jenderal terpilih, H. Saifullah Yusuf, pelantikan yang bertepatan dengan harlah itu merupakan elaborasi dari tema yang diangkat, Merawat Jagad Membangun Peradaban. Merawat jagad menurut Gus Ipul ada tiga yaitu laut, bumi, dan udara.

Gus Ipul mengatakan bahwa dalam mengiringi visi merawat jagad akan bekerja sama dengan kementerian yang secara khusus bertanggung jawab mengurusi ketiga-tiganya. Begitu pula dengan membangun peradaban adalah visi yang nantinya tidak akan pernah habis untuk mengiringi kepemimpinan Gus Yahya.

“Ini nanti akan nampak didalam kegiatannya,” tegasnya.

Kalimantan Timur, dipilih untuk mengiringi pembangunan Ibu kota negara (IKN) baru dengan berbagai kegiatan yang dimulai dari kepemimpinan Gus Yahya. Pihaknya juga akan berupaya untuk bekerja sama dengan pemerintah khususnya Kementerian Perhutanan baik provinsi maupun kabupaten di Kabupaten Penajam Paser Utara. Hal ini juga dipersiapkan untuk pencanangan kantor PBNU, pembangunan pesantren, universitas, dan rumah sakit.

Berbeda dengan di IKN, NTT dipilih untuk mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan kemaritiman dan kelautan. Sumatera Selatan dengan kegiatan perubahan iklim yang terkait dengan menjaga bumi.

“Nanti ada replanting, penanaman, dan macam-macam kegiatannya. Kita sudah bagi masing-masing penanggung jawab. Jadi tema kita itu memang berkaitan langsung dengan isu aktual kita hari ini,” tegas mantan Wakil Gubernur Jatim itu.

Baca juga :  892 Mahasiswa Unuja Laksanakan Wisuda Secara Hybrid

Gus Ipul bersama dengan Gus Yahya dan semua kepengurusan akan memastikan pelantikan tidak hanya sebagai kegiatan ceremonial saja. Akan tetapi ada sesuatu yang ditinggalkan. Hal ini akan dimaksimalkan dengan penguatan panitia lokal dari pengurus wilayah dan cabang serta akan dibantu dari pengawalan panitia pusat.

(Rahmad)

Comment
Abdur Rahmad
Abdur Rahmad
Mahasiswa Biru Kuning Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Nurul Jadid Probolinggo, yang tidak lain hanyalah seorang anak kelahiran pulau kecil Giligenting.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler