Sunday, October 2, 2022

Regenarasi Kepemimpinan, Himaprodi Kpi Unuja adakan Musyawarah Besar ke-2

PROBOLINGGO, GUBUKINSPIRASI.com – Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Komunukasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Nurul Jadid (Unuja) adakan Musyawarah Besar (Mubes) dengan tempat berbeda antara putra dan putri, Paiton (13/01/2022).

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan secara hybrid dikarenakan maraknya penyeberan Corona Virus Disiase 19, sekarang dilaksanakan berbeda (putra di cafe bola dan putri di gedung A kampus unuja) mengingat aturan Kepala Biro Pengembangan Pondok Pesantren Nurul Jadid nomor 01 tahun 2021 tentang buku pedoman tata kelola organisasi santri.

Salah satu poin yang dimuat adalah terkait pemisahan kegiatan antara putra dan putri. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga stabilitas nilai-nilai keislaman dan pesantren.

Mubes kali ini dimulai dengan pembahasan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Kepengurusan Himaprodi Kpi masa jabatan 2021-2022. Laporan keberhasilan program kerja dipaparkan oleh pengurus harian dan koordinator divisi sebagai bentuk ikhtiar dari kepengurusannya. Sedangkan peserta mubes diberi kesempatan untuk memberikan feedback supaya ada perbaikan dalam melanjutkan kepengurusan yang berkelanjutan.

Dr. Farhan, M.Sos.I, Dosen tetap Prodi Kpi Unuja yang hadir dalam acara mubes kpi putra menegaskan bahwa mahasiswa kpi harus siap dalam menjadi tutor di SLTA dan SLTP sebagai pengembangan keterampilan atau skill ke-kpi-an.

“Kita harus ada, berdiri, berjalan, dan berlari untuk menuju gerbang kemajuan dan pengajuan skil mahasiswa kpi,” jelas alumni doktor UIN Jakarta itu.

Dosen yang mendapatkan gelar sarjana KPI UIN Sunan Ampel Surabaya itu melanjutkan, mahasiswa kpi harus mampu memahami retorika sebagai ruh prodi kpi, mampu berbicara dan mempengaruhi orang lain dengan baik.

“Pada harlah mendatang, maret 2022, kita akan berusaha mendorong alumni kpi untuk lebih berpartisipasi aktif membantu mahasiswa kpi dan membuat karya sebagai output,” tandasnya.

Baca juga :  Kopri PMII Unuja Adakan Pelatihan Public Speaking

Pemilihan Ketua Himaprodi KPI Universitas Nurul Jadid

Sebagaimana mestinya, setiap kepengurusan sudah seharusnya tergantikan oleh generasi muda yang lebih bersemangat dan produktif. Tidak bisa dipungkiri dengan himaprodi kpi unuja yang tentu membutuhkan kepengurusan baru ketika kepengurusan sebelumnya sudah selesai masa jabatannya.

Calon ketua himaprodi yang diusung dari angkatan 2020 ada dua nama, Ahmad Rifai (no. urut 01) dan Novian Ramadhan Dwiharta (no. urut 02). Sedangkan putri juga ada dua yakni Siti Waqiatul Hasanah dan Marissakh Diana Martabillah. Berdasarkan penghitungan suara, Ahmad Rifai unggul mendapatkan perolehan suara 17, sedangkan Novian Ramadhan Dwiharta mendapatkan 5 suara. Sementara putri, Marissakh Diana Martabillah unggul mendapatkan 8 suara, Siti Waqiatul Hasanah meraup 7 suara.

Irfan Burhanuddin, Demisioner Ketua Himaprodi Kpi mengungkapkan bahwa ada banyak mahasiswa kpi yang mempunyai ide-ide bagus terkait bagaimana sebuah organisasi kedepannya harus dijalankan. Namun, sedikit orang yang dapat dipercaya dan sanggup untuk merealisasikannya.

“Dengan terpilihnya ketua Himaprodi Kpi yang baru semoga membawa perubahan signifikan dalam segala bidang,” tegas pria asal Bondowoso itu.

Ahmad Rifai, ketua terpilih berharap supaya keberadaan mahasiswa KPI lebih aktif dalam mengawal berbagai kajian yang mampu meningkatkan skill yang sudah dimiliki oleh mahasiswa.

“Harus lebih baik dari pada tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya.

(Rahmad)

Comment
Abdur Rahmad
Abdur Rahmad
Mahasiswa Biru Kuning Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Nurul Jadid Probolinggo, yang tidak lain hanyalah seorang anak kelahiran pulau kecil Giligenting.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler