Thursday, October 6, 2022

Co-working Space – Inspirasi Usaha Menjanjikan yang Bisa Dicoba di 2022

GUBUKINSPIRASI.COM – Salah satu tantangan yang dihadapi orang-orang saat hendak memulai usaha adalah kebingungan ingin usaha apa. Anda mungkin juga merasakannya. 

Anda bingung bagaimana caranya memulai bisnis yang sudah banyak dilakukan orang. Serta bingung bagaimana cara membuat ide bisnis itu jadi unik dan bisa diterima oleh konsumen.

Jika Anda menghadapi kesulitan seperti itu, jangan langsung mengurungkan niat memulai usaha. Sebab, ada beberapa solusi untuk permasalahan tersebut. Salah satunya adalah dengan mengambil inspirasi bisnis dari orang lain.

Ada banyak sekali inspirasi usaha kecil yang bisa Anda ambil. Namun, tak semuanya menjanjikan dan pantas untuk dicoba.

Belakangan, usaha Co-working space sedang naik daun seiringan dengan mulai munculnya pengusaha muda dan start up baru yang hadir di Indonesia. Bisnis Co-workig space pun juga memperoleh imbas positifnya.

Yuk pelajari lebih lanjut tentang bisnis Co-working Space dan serba-serbinya.

Apa itu Coworking Space (Ruang Bersama)?

Pengertian coworking space (ruang bersama) adalah sebuah tempat dimana para individu-individu yang memiliki latar belakang pekerjaan ataupun bisnis bekerja dalam sebuah tempat. Asal dari definisi coworking space itu sendiri adalah berasal dari kata ‘coworking‘ yang bisa diartikan kerja sama atau berkolaborasi.

Karena desain coworking space yang mengusung konsep open space atau transparency, membuat setiap individu di dalam coworking space dapat lebih aktif berinteraksi. Sebuah coworking space juga biasanya memiliki suasana yang mendukung semangat & produktifitas kerja.

Semua unicorn startup adalah pengguna working space karena membutuhkan tempat yang pas & tepat untuk berkordinasi bersama tim yang biasanya beranggotakan masih sedikit.

Coworking space tidak hanya untuk para startup founder saja. Tetapi coworking space bisa & tepat juga untuk seseorang yang memiliki bisnis digital secara individu hingga para freelancer profesional yang membutuhkan tempat untuk bekerja diluar rumah namun tidak ‘serasa’ kantor.

Baca juga :  20+ Ide Bisnis untuk Milenial dan Gen Z Dengan Modal Minim

Asal Muasal Coworking Space

Setelah mengetahui arti dari apa itu coworking space, tidak lengkap jika kita tidak mengetahui bagaimana asal muasal atau sejarah dari perkembangan coworking space, baik di dunia maupun di Indonesia.

Singkatnya sejarah coworking space di dunia pertama kali yang berdiri adalah Schraubenfabrik, sebuah coworking space di Wina, Austria, yang didirikan oleh Stefan Leitner-Sidl dan Michael Pöll pada tahun 2002. Oleh karena itu, Schraubenfabrik disebut juga Mother of Coworking Space.

Di Indonesia, menurut beberapa sumber, coworking space di Indonesia pertama kali hadir di Kota Bandung sekitar tahun 2010. Bandung memang sering menjadi tempat lahir sebuah inovasi-inovasi yang unik & sangat menarik.

Setelahnya, ruang kerja berkonsep sharing ini menjamur di berbagai kota besar Indonesia lainnya. Coworking space pun berhasil menarik perhatian bagi para founder startup hingga freelancer.

Membuka Coworking Space

Bisnis co-working space sedang sangat diminati sekarang. Tak heran karena meningkatnya permintaan akan co-working space oleh berbagai kalangan. Terutama oleh pebisnis dan penggiat startup yang membutuhkan tempat bekerja murah daripada menyewa kantor sendiri.

Bisnis Co-working space tidak hanya melulu untuk pebisnis atau penggiat startup saja, lho. Dengan sedikit penyesuaian, Co-working space bisa menjadi lokasi event, cafe, hingga komunitas dan membership. 

Nah, dengan adanya berbagai vairasi dan benefit yang bisa diberikan di Co-working space. Hal tersebut membuat usahamu memiliki pangsa pasar yang luas dan tidak terbatas kepada segmen tertentu saja!

Kamu yang tertarik memulai bisnis co-working space bisa mulai mengumpulkan ide dan melakukan riset dari sekarang lo! Ketahui kebutuhan dan hal yang lagi dibutuhkan di daerahmu

Prospek dan Keunikan:

  • Co-working space adalah bisnis dengan permintaan yang sedang tinggi. Terutama oleh penggiat startup dan pebisnis.
  • Momen yang Sempurna. Momentum pertumbuhan ekosistem digital serta munculnya start up dan pengusaha muda sangat memberikan angin segar bagi usaha Co-working space.
  • Hemat biaya operasional. Karena digunakan bersama, maka pengeluaran untuk listrik, internet atau konsumsi bisa hemat sebab biasanya sudah disediakan pengelola atau pembayaran, jadi dari sisi penyewa lebih ringan dan tentunya memberikan nilai lebih untuk memilih Co-working space.
  • Konsentrasi kerja. Bekerja di rumah biasanya mengurangi konsentrasi lantaran bisa terhalang beberapa urusan pribadi sehingga mengganggu pekerjaan. Sementara coffee shop kadang tak nyaman sebab terlalu ramai. Makanya, coworking space menjadi pilihan yang cukup populer karena mampu membantu meningkatkan efisiensi waktu serta produktivitas kerja.
  • Ruang kantor eksekutif. Membuat kantor membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Co-working space bisa menjadi alternatif bagi pelaku usaha baru. Hanya saja kamar mandi dan dapur tetap harus berbagi dengan pengguna ruangan yang lain
Baca juga :  4 Instagram SEO Tips Untuk Pemula, Ledakkan Omzet Bisnismu Dengan Cara Ini!

Tertarik untuk membuka usaha Co-working space? Yuk kasih tau pendapatmu di kolom komentar ya!

Comment
Shafira Aulia
Shafira Aulia
Penikmat sastra dan musik. Sedang menyelesaikan pendidikan komunikasi dan penyiaran di sebuah Universitas di Jawa Timur

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler