Thursday, June 23, 2022

5 Latihan Kardio untuk Pemula Fitness

Latihan kardio adalah kegiatan olahraga yang fokus pada kekuatan dan jantung dan paru-paru. Banyak manfaat yang bisa kamu dapat dengan latihan kardio, mulai dari menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, sampai menurunkan berat badan!

Nah, jika kamu baru mau mencoba latihan kardio, Bukalapak sudah menyiapkan lima pilihan latihan kardio terbaik untuk pemula. Apa saja, ya? Simak ulasannya berikut ini!

1. Lari dengan intensitas yang bertahap

Lari adalah latihan kardio paling populer yang pastinya sederhana dan mudah. Untuk manfaat yang nyata, kamu bisa melakukan lari dengan durasi waktu dan intensitas yang meningkat secara bertahap. Misal mulai dengan lari santai 10 menit, lalu ditambah menjadi 15 menit, dan seterusnya. Tambahkan intensitasnya dalam kurun waktu yang telah kamu rencanakan sebelumnya dengan menyesuaikan perkembangan fisik tubuhmu.

Untuk melakukan kardio dengan lari, kamu hanya perlu bersiap diri dengan pakaian olahraga lengkap. Lakukan lari di pagi atau sore hari. Jogging track di taman, atau jalanan komplek bisa jadi pilihan tempat yang baik.

2. Bersepeda akan membakar banyak kalori

Bersepeda adalah latihan kardio yang efektif membakar banyak kalori. Efeknya bisa untuk menurunkan berat badan. Ada dua jenis kardio bersepeda yang bisa kamu coba, sepeda statis dan sepeda biasa. Keduanya punya efek yang hampir sama.

Ketika bersepeda statis, kamu bisa mencoba dengan tempo konstan berintensitas sedang selama sekitar 30 menit untuk membakar kira-kira 261 kalori. Sementara dengan sepeda biasa, kalau kamu mengayuh dengan kecepatan sedang selama 30 menit, hasilnya bisa 372 kalori terbakar.

3. Berenang untuk melatih pernapasan paru-paru

Selain lari, berenang juga sudah banyak dikenal sebagai latihan kardio yang sederhana. Walaupun, kamu tetap harus punya kemampuan khusus berenang, ya! Ia disebut sangat baik untuk melatih pernapasan paru-paru.

Baca juga :  7 Cara mudah menurunkan gula darah secara alami, bisa Anda coba

Selain itu, ia juga bermanfaat untuk menguatkan otot-otot tubuh, dan ampuh membakar kalori juga. Berenang yang intensif selama 60 menit bisa membakar 949 kalori pada orang dengan berat badan 85 kilogram.

4. Naik turun tangga berulang, mudah dilakukan

Salah satu latihan kardio yang mudah dilakukan adalah dengan naik turun tangga dengan intensif. Hal ini mudah karena kamu cukup menyiapkan diri saja dan mencari tangga terdekat, bisa di rumah atau taman. Pastikan tangganya tidak terlalu tinggi dan cukup lebar, supaya kamu nyaman melakukan gerakannya.

Gerakan yang bisa kamu lakukan untuk latihan kardio naik turun tangga ini ada beberapa. Misalnya dengan mendaki dan menurun cepat. Atau bisa juga lompat menyamping yang disebut juga lateral high knee. Untuk satu set, lakukan sampai 3 kali repetisi, ya!

5. Jumping jacks jadi gerakan kardio menyenangkan

Ketika sekolah dasar dulu, pasti kamu sering diajari melompat-lompat saat pelajaran olahraga, bukan? Nah, gerakan melompat-lompat ini juga ternyata bisa jadi latihan kardio. Ia disebut dengan jumping jacks.

Untuk melakukannya, kamu harus berada dalam posisi berdiri dengan kaki merapat dan kedua tangan di samping badan. Lalu, kamu siap melompat dengan membuka kaki kira-kira selebar bahu dan dalam waktu bersamaan mengangkat kedua tangan lurus ke atas kepala.

Itulah dia lima latihan kardio untuk kamu yang baru memulai fitness. Ingat, lakukan dengan durasi dan intensitas yang bertahap agar tubuhmu tidak kaget. Selamat berolahraga!

Comment
Shafira Aulia
Shafira Aulia
Penikmat sastra dan musik. Sedang menyelesaikan pendidikan komunikasi dan penyiaran di sebuah Universitas di Jawa Timur

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler