Sunday, October 2, 2022

Nadiem Makarim : Terus Jaga Nilai Utama Jurnalistik

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mengucapkan selamat atas peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022.

Nadiem berharap media massa terus menjaga nilai-nilai utama jurnalistik sembari lanjut berinovasi agar tidak tergerus oleh perubahan zaman.

“Memang tidak mudah, tapi saya yakin insan pers nasional kita mampu menghadirkan terobosan-terobosan positif yang dicatat sejarah,” kata Nadiem dalam keterangan tertulis, Rabu (9/2/2022).

Ia Juga berpesan agar pers Indonesia semakin adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman.

Mendikbud Ristek juga mengapresiasi kerja-kerja jurnalistik yang dinilainya mendukung upaya mencerdaskan bangsa.

Nadiem memandang, media massa berperan penting dalam membangun pola pikir dan sikap masyarakat.

“Terima kasih kepada seluruh insan pers Indonesia yang terus berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui informasi-informasi yang tepercaya dan berkualitas,” ungkapnya.

Menurut Nadiem, selain sekolah dan lembaga pendidikan, media massa adalah salah satu institusi strategis dalam pembangunan karakter bangsa.

Ia menambahkan, media massa juga menjadi salah satu sumber belajar penting yang memperkaya ekosistem pendidikan nasional, khususnya di era informasi seperti saat ini.

“Produk-produk jurnalistik menjadi salah satu materi belajar yang memperkaya pengalaman belajar peserta didik maupun para pendidik. Misalnya, sebuah artikel bisa memantik diskusi yang melatih kemampuan berpikir kritis dan kreatif,” ucapnya.

Mantan CEO Go-Jek ini ingin kolaborasi insan pers dengan insan pendidikan nasional semakin diperkuat untuk mengakselerasi terwujudnya sumber daya manusia (SDM) unggul Indonesia.

Selain itu, ia pun mengajak insan pers nasional untuk bersama-sama mewujudkan Merdeka Belajar.

“Saya harap peringatan Hari Pers Nasional dapat menjadi momentum terciptanya kolaborasi insan pers nasional dan insan pendidikan yang semakin erat. Kita perlu gerakan bersama untuk mewujudkan SDM unggul yang menghadirkan lompatan-lompatan kemajuan,” kata Nadiem.

Comment
Baca juga :  Investor Pemula Ramai Masuki Pasar Modal, Sinyal Positif Pertumbuhan Ekonomi?
PID
PID
Seorang bapak tanpa anak yang sebenarnya jarang menulis tapi ingin ikut-ikutan narsis

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler