Saturday, December 3, 2022

Rajut Warna Melalui Kopdar Belajar WPAP Bareng

PROBOLINGGO, GUBUKINSPIRASI.com – Gubuk Inspirasi adakan “Kopdar Belajar WPAP Bareng” bersama Mohammad Helmi, Professional WPAP Artist, yang bertempat di Waroeng Q-Ta, Sabtu (12/2/2022)

Founder Gubuk Isnpirasi, Agus Miftahorrahman, menjelaskan bahwa Wedha’s Pop Art Portait (WPAP) adalah salah satu seni populer yang berasal dari Indonesia. Menurut pria kelahiran Besuki itu, gaya WPAP ditandai dengan penyusunan ulang potret wajah menggunakan bentuk-bentuk geometris dengan pencampuran warna-warna yang semarak.

“Dimensi dari wajah yang digambar ulang tidak berubah, sehingga penampakan akhir dari objek yang ditransformasikan masih terlihat jelas dan menyerupai aslinya,” jelas mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam itu.

Kegiatan ini diikuti oleh sekira 10 orang yang memang mempunyai minat untuk mendalami bidang desain grafis, khususnya WPAP. Mereka sangat antusias dalam mengikuti dan menyimak setiap poin-poin yang menjadi penyampaian pemateri.

Mohammad Helmi sebagai pemantik memulai penyampaian dengan ringkasan sejarah kemunculan WPAP. Ternyata, produk desain grafis ini merupakan jenis seni foto yang diciptakan oleh pria asal Cirebon, Jawa Barat, Bapak Wedha Abdul Rasyid.

Pria yang saat ini bertempat tinggal di Bondowoso menyampaikan bahwa dalam dunia desain WPAP harus memperhatikan beberapa hal supaya hasilnya estetik dan menarik.

“Sesuatu yang gak boleh hilang dari wajah adalah karakternya, semisal ada tahi lalatnya, itu gak boleh dihilangkan,” jelasnya.

Selain itu, Helmi juga menjelaskan bahwa peraturan main dalam desain WPAP seperti pemilihan warna, penggabungan garis, hingga perlunya untuk menanamkan percaya diri ketika menarik garis yang hendak dibuat pada sebuah desain.

Tidak hanya berkutat pada teori saja, Helmi juga langsung mempraktekkan kelihaiannya dalam membuat desain WPAP dan langsung dipertontonkan kepada peserta pelatihan. Pada puncak acara, beliau juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk mempraktekkannya secara step by step.

(Rahmad)

Comment
Baca juga :  GenBI Unesa Kembali Adakan GenBI Course Bahas Dunia Karir
Abdur Rahmad
Abdur Rahmad
Mahasiswa Biru Kuning Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Nurul Jadid Probolinggo, yang tidak lain hanyalah seorang anak kelahiran pulau kecil Giligenting.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler