Sunday, December 4, 2022

Peduli Lingkungan, KPPA Hijaukan Pantai Tampora dengan 150 Bibit Cemara Udang

SITUBONDO, GUBUKINSPIRASI.com – Menjaga kelestarian alam adalah tanggung jawab Kita semua. Tidak terbatas kepada korporasi atau badan komunitas besar. Setiap dari Kita punya hak dan kewajiban untuk menjaga kelestarian alam.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, KPPA bersama dengan beberapa peserta dari kalangan umum melakukan penanaman 150 bibit Cemara Udang di Wana Wisata Pantai Tampora.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu pagi (13/02/22) tersebut merupakan kegiatan yang sudah dipersiapkan mulai dari awal Januari 2022.

Setelah melalui berbagai diskusi, KPPA akhirnya menggalang dana dan dukungan untuk kegiatan penghijauan tersebut.

Niat baik KPPA kemudian bersambut hangat dengan DLH Kabupaten Situbondo yang lantas memberikan bantuan 150 bibit Cemara Udang hasil semaian milik DLH Kabupaten Situbondo.

Sempat tertunda selama 1 minggu dari jadwal yang ditentukan akibat beberapa kendala yang terjadi, akhirnya kegiatan penanaman bibit pohon Cemara Udang tersebut berhasil terlaksana pada Minggu (13/02/22).

Cemara udang (Casuarina equisetifolia), adalah tumbuhan yang memiliki daun dengan ujung lancip seperti jarum dan memiliki batang yang besar serta keras. Memiliki banyak manfaat ekologi, antara lain, sebagai pemecah angin, rehabilitasi lahan kritis di pesisir, dan mampu menaikkan hidrogen tanah.

“Cerita, ilmu, pengalaman, dan jaringan yang dihasilkan dari kegiatan kecil seperti ini tidak dapat dititipkan pada orang lain dan kita beli dimanapun. Semoga kedepannya makin banyak orang yang tertarik dan mau berpartisipasi dalam kegiatan serupa” Terang Arifin terkait kegiatan tersebut. (*)

(rhman)

Comment
Baca juga :  Sambut Maba, Sekolah Tinggi Agama Islam Ahmad Sibawayhie Gelar Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK)
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler