Thursday, June 23, 2022

Rayakan Milad Pertama, Perpustakaan Jalanan Gelar Diskusi dan Nobar Wadas Waras

SITUBONDO, GUBUKINSPIRASI.com – Perpustakaan Jalanan “Besuki Membaca” resmi berumur 1 tahun per tanggal 17 Februari 2022 yang lalu.

Sebagai rangkaian perayaan milad pertamanya, perpustakaan jalanan mengadakan kegiatan diskusi dan nobar dokumenter “Wadas Waras” yang diproduksi oleh Watchdoc.

“Yang ingin kami coba highlight dalam momen milad kali ini adalah literasi lingkungan yang masih sangat minim dan sering disepelekan oleh masyarakat” Terang Rahman, salah satu anggota perpustakaan jalanan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Angkringan Seroeji, Jalan Muh. Seruji, Besuki, Situbondo pada Senin (07/03/22) tersebut dimulai pukul 20.00 dengan pembukaan oleh pembawa acara.

Dwi S. Budiono, aktivis sekaligus alumni gerakan 1998 hadir dalam acara tersebut sebagai pemantik.

Berselang 20 menit setelah acara dimulai, penulis buku “Derrida” Muhammad Al Fayyadl turut hadir sebagai pemantik kedua dalam diskusi tersebut.

Setelah film dokumenter Wadas Waras usai ditayangkan, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan diskusi publik yang dipimpin oleh Siti Rohmah sebagai moderator.

Para peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut pun cukup antusias mengikuti acara dengan begitu banyak pertanyaan dan diskusi yang berjalan.

“Gus Fayyadl merupan tokoh muda yang cukup luar biasa dengan pemikiran dan tulisan yang cukup dikenal. Hadirnya beliau dalam kegiatan ini bukan hanya sebagai pemanis namun juga membuat kegiatan ini menjadi cukup seru dan atraktif” ujar salah satu peserta yang hadir dalam kegiatan pada malam hari tersebut.

Kegiatan malam tersebut berlangsung cukup ser dengan begitu banyak pertanyaan dan topik yang terbahas.

Mulai dari pembahasan terfokus tentang problematika Wadas hingga literasi linkungan secara umum beserta dengan regulasi dan pemerintah.

Dwi yang merupakan alumni gerakan 98 juga turut memberikan banyak pandangan terkait kebijakan pemerintah dan peranannya dengan upaya pelestarian lingkungan.

Baca juga :  Opening Ceremony Harlah ke-16, PMII Rayon Nusantara Fokus Pada Kemandirian dan Daya Saing Kader

Acara malam hari itu kemudian ditutup dengan pembacaan shalwat nariyah serta doa bersama yang ditujukan kepada warga Wadas. (*)

(mfth)

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler