Monday, October 3, 2022

Mendulang Sukses Bertani Pisang Cavendish

SITUBONDO, GUBUKINSPIRASI.com – Perkembangan teknologi membawa banyak sekali lapangan pekerjaan baru. Bekerja dari rumah pun menjadi hal yang biasa dan tidak kalah menguntungkan dibandingkan dengan bekerja kantoran.

Tapi, siapa sangka pekerjaan konvensional seperti petani dan berkebun ternyata juga masih memiliki prospek yang tidak kalah menjanjikan juga.

Hal itulah yang dilakukan oleh H. Holil Arifin asal Lubawang, Besuki, Situbondo. Holil, sapaan akrabnya berhasil mendulang sukses dengan bertani pisang Cavendish.

Awal kisah sukses Holil berawal saat Ia memutuskan untuk menjadi petani mitra pisang Cavendish dari CV. Zain Banana.

Dengan modal awal yang cukup terjangkau, Holil mulai belajar secara perlahan tentang penanaman pisang Cavendish. Mulai dari pembibitan, perawatan hingga panen dan distribusi pisang Cavendish setelah dipanen.

“Komoditas Pisang Cavendish bisa menjadi penopang ekonomi. Hal itu karena komoditas ini bisa dipanen dalam jangka harian.” Terang Holil.

Hal tersebut juga merupakan salah satu alasan pisang Cavendish bisa mengantarkan Holil meraih kesuksesan.

Dengan penanaman yang baik dan terencana, perkebunan pisang Cavendish yang ditanam oleh Holil dapat menopang kebutuhan sehari-hari Holil dan keluarga berkat kapasitasnya yang dapat dipanen setiap hari.

“Intinya ada pada proses pembibitan dan penanaman. Jika ditata dan ditanam dengan baik, pisang Cavendish itu nanti bisa dipanen setiap hari. Kalau mau dimodel panen raya juga bisa, tinggal bagaimana setiap petani mengatur pembibitan dan penanaman pohonnya saja” Jelas Holil kembali.

Selain menghasilkan pendapatan yang cukup dan teratur, melalui bertani pisang Cavendish pula Holil bisa berkunjung ke Baitullah dan menunaikan ibadah Haji.

“Alhamdulillah, berkat pisang ini Saya juga bisa naik haji di tahun kemarin” Terang Holil yang berhasil berangkat ke Baitullah di tengah COVID-19 dan slot haji yang terbatas tahun lalu.

Baca juga :  Semarakkan Momen 17 Agustus! Payung Hitam Sukses Gelar AGUSTIC 2022

Berminat untuk mengikuti kisah sukses H. Holil dengan bertani pisang Cavendish? Cari tau lebih lanjut tentang prospek dan mekanismenya disini.

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler