Wednesday, October 5, 2022

Sabtu Membaca ; Gerakan Literasi Seru Tiap Sabtu di Taman Slamet Malang

MALANG, GUBUKIINSPIRASI.com – Suasana rindang di Taman Slamet Malang tampak berbeda pada hari Sabtu itu. Ruang Terbuka Hijau yang berlokasi di Gading Kasri, Kecamatan Klojen Malang tersebut nampak berbeda dengan hadirnya gerakan Sabtu Membaca.

Sebuah alas berupa banner bekas dan tikar kecil nampak penuh dengan anak-anak dan orang tua yang sedang asik membaca buku dan bermain puzzle.

Ya! Benar, di salah satu pojok di Taman Slamet, setiap hari Sabtu mulai pukul 09.00 hingga 14.00 digelar kegiatan Sabtu Membaca.

Pendek, begitu sapaanya merupakan salah satu penggerak sekaligus pelopor dari kegiatan tersebut.

Bersama dengan rekannya Prita, seorang Mahasiswi Jurusan Sejarah Universitas Negeri Malang. Berdua Mereka menjalankan gerakan tersebut secara rutin setiap hari Sabtu.

Gerakan tersebut berawal dari inisiatif Prita yang kemudian ditindak lanjuti dengan serius oleh Pendek.

“Insipirasine teko Prita, alasane pingin bagi-bagi ilmu melalui bacaan. Karena buku merupakan jendela dunia. Maka dengan membaca kita jadi tau segala hal.” Terang Pendek kepada tim Gubuk Inspirasi.

Para pengunjung yang datang dapat membaca buku dengan bebas di alas yang sudah disediakan.

Terdapat banyak buku bacaan dengan genre yang cukup beragam. Mulai dari buku anak hingga buku dewasa dengan topik yang cukup bervariatif mulai dari bacaan ringan hingga serius.

Selain berbagai buku yang ditawarkan, terdapat juga mainan puzzle serta minigames lain yang tersedia sebagai teman agar anak-anak tergugah untuk membaca dan bermain.

Ditanya terkait dengan tantangan dan kendala selama menjalankan gerakan Sabtu Membaca, Pendek menjawab bahwa cuaca merupakan faktor yang sangat krusial.

“Tantangane selain buku gak kembali, hujan mas” Jawab Pendek singkat.

Melalui gerakan-gerakan kecil seperti ini, Pendek dan Prita mencoba untuk menyuarakan bahwa membaca merupakan hal yang sangat penting dan punya banyak manfaat.

Baca juga :  70 Mahasiswa UNUJA Lolos Program MBKM Tahap 2, Terjun Kemana Saja?

Sapa dan temui Pendek dan Prita di Taman Slamet Malang setiap hari Sabtu mulai pukul 09.00 – 14.00 dan nikmati berbagai bacaan dan buku yang dibawakan. (*)

(mfth/rhmn)

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler