Friday, September 23, 2022

4 Instagram SEO Tips Untuk Pemula, Ledakkan Omzet Bisnismu Dengan Cara Ini!

SEO dikenal sebagai salah satu cara meningkatkan peringkat di mesin pencari dan mengarahkan traffic ke dalam sebuah situs. Tapi, tahukah Kamu bahwa teknik SEO juga dapat diterapkan pada media sosial instagram? 

Penerapan teknik SEO di Instagram dapat membantu kamu dalam mengembangkan akun Instagram brand hingga memperluas jangkauan dan peluang bagi audiens untuk terlibat dengan brand. 

Mengutip dari Hootsuite.com terdapat 5 cara mudah yang dapat Kamu terapkan untuk meningkatkan reach audience dan meledakkan omzet bisnismu.

1. Maksimalkan Profil Instagram

Profil Instagram adalah tempat terbaik untuk memulai. Maksimalkan potensi akun Instagrammu melalui profil yang menarik dan engaging.

Mulailah dengan memilih nama Akun yang sesuai dan relevan dengan bisnimu. Jika brand bisnismu sudah cukup dikenal, hal tersebut bisa menjadi sebuah awalan yang baik.

Jika terdapat ruang yang memungkinkan, memasukkan keyword yang relevan dengan bisnis di profil Instagram merupakan hal yang bisa Kamu lakukan.

Dengan penambahan keyword, Kamu sekaligus menambahkan variable untuk mesin pencarian.

“Semakin banyak variabel = Semakin banyak peluang untuk ditemukan”

Mari Kita lihat contoh langsung di Instagram melalui gambar berikut.

Saat mencoba mencari layanan Sablon di sekitar, bisa dilihat bahwa semua akun yang muncul di pencarian teratas memiliki keyword yang relate dengan bisnis yang digeluti.

2. Gunakan Hashtag

Penggunaan hashtag dalam setiap postingan merupakan hal yang sangat amat diperlukan! Hashtag, terlepas dari banyaknya postingan dan akun yang ada di Instagram, variabel ini dapat memberikan dampak yang luar biasa.

Akun resmi @creators membagikan beberapa tips terkait dengan penggunaan hashtag yang baik dalam sebuah postingan.

  • Hanya gunakan hashtag yang relevan.
  • Gunakan kombinasi hashtag dengan keyword yang populer, niche dan spesifik untuk bisnismu.
  • Batasi hashtaf antara 3-5 buah di setiap post. Tentu, Kamu tidak ingin membuat orang berpikir tentang spamming content dengan begitu banyaknya hashtag yang dimasukkan.
  • Jangan gunakan hashtag yang tidak relevan atau terlalu umum seperti #JualTokenListrik #Instagram.
Baca juga :  5 Rekomendasi Game Survival Android Terbaik 2022

Lalu, hashtag yang baik itu seperti apa? Hashtag terbaik tergantung kepada bisnismu itu sendiri. Sempatkanlah beberapa saat untuk melihat hasil analityc yang diberikan oleh Instagram untuk kontenmu dan pahami dan cermati hasil yang Kamu peroleh dalam 1 minggu kebelakang atau waktu tertentu.

3. Gunakan alt text 

Instagram telah menerapkan fitur alt text ke dalam aplikasi sehingga pengguna dapat menambahkan alt text pada semua gambar yang mereka unggah. Serupa dengan teknik SEO pada umumnya, menambahkan teks alternatif ke dalam postingan gambar menjadi cara lain mengoptimalkan Instagram kamu. 

Penambahan alt text di dalam foto Instagram memiliki beberapa fungsi, yaitu: 

  • membantu pengguna memahami apa foto tersebut jika misalnya jika Instagram gagal memuat foto tersebut atau jika pengguna tidak dapat melihat foto tersebut karena alasan penglihatan. 
  • membantu algoritma Instagram memahami apa yang ada di dalam foto. Instagram menggunakan teknologi image recognition untuk melihat apa yang sebenarnya ada di dalam foto dan  menampilkannya pada orang yang menyukai tipe konten seperti itu. 
  • membantu agar foto yang kamu unggah di Instagram dapat ditemukan dalam mesin pencarian di luar Instagram

Pilihan alt text dapat kamu temukan dengan mengeklik bagian advanced setting yang terletak di bagian bawah layar sebelum membagikan foto tersebut. 

4. Luangkan Waktu Memeriksa Analytic

Sama seperti penerapan teknik SEO pada situs, kamu juga tetap harus melacak performa akun Instagram dalam strategi media sosial yang sudah kamu rancang tersebut.

Analisa performa akun Instagram kamu untuk menyusun strategi pengoptimalan konten Instagram di masa depan. Untuk melakukannya gunakan fitur analitik pada platorm tersebut atau  tools lain seperti Hootsuite, Sprout Social, dan lain-lain.

Selain beberapa tips teknik SEO Instagram  di atas, pastikan kamu juga memerhatikan penerapan teknik yang tidak menyalahi ketentuan yang ada, ya. 

Baca juga :  Valuasi Perusahaan ; Elemen Penting yang Harus Dicermati Investor Pemula

Pasalnya, Instagram dapat menindak akun yang berusaha menipu sistem atau menggunakan teknik yang melanggar aturan. Beberapa hal yang harus dihindari tersebut seperti  mencuri konten, menggunakan bot, mengikuti banyak akun terlalu cepat, membeli follower, dan memasukkan kata kunci secara berlebihan. 

Jika sudah mengenal tips dan teknik SEO Instagram di atas, kini saatnya kamu mempraktikkannya.

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler