Monday, October 3, 2022

Jadi Venue Balapan MotoGP, Berikut Fakta Sirkuit Mandalika yang Tidak Kamu Tau!

Event balap dunia MotoGP Mandalika sudah digelar pada 18 Maret 2022. Bertempat di Sirkuit Internasional Mandalika, Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, gelaran adu cepat para rider ini sudah dinantikan para penggemar MotoGP tanah air.

Namun, Mandalika begitu istimewa bukan hanya karena dipilih sebagai venue adu balap kelas dunia, tetapi juga karena destinasi wisatanya yang begitu memikat, mulai dari wisata alam, sederet resort kelas dunia, dan desa wisata yang masih kental dengan tradisi turun-temurun.

Tak hanya itu, Mandalika juga menyuguhkan kuliner khas dan produk ekonomi kreatif lokal seperti tenun Sasak yang mendunia. Saking istimewanya, Mandalika didapuk sebagai salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas #DiIndonesiaAja oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Namun, apa sih yang bikin Mandalika sangat spesial? Berikut ini beberapa Fakta Unik Soal Mandalika yang Belum Kamu Tahu!

Jadi KEK Sejak 2014

Terletak di bagian Selatan Pulau Lombok, Mandalika telah ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Pariwisata sejak ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014. KEK Mandalika adalah salah satu wilayah potensial sektor pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Mandalika ditetapkan menjadi KEK berkat berbagai pilihan pariwisata yang meliput wisata bahari dengan pesona pantai dan bawah laut yang memukau.

Berdasarkan potensi yang ada tersebut, KEK Mandalika dikembangkan menjadi pariwisata berwawasan lingkungan dengan dibangunnya berbagai objek wisata yang berorientasi pada pelestarian nilai dan kualitas lingkungan hidup, termasuk desa wisata.

Lahir dari Sebuah Legenda

Ada sejarah unik yang dipercaya turun temurun di Mandalika. Menurut cerita rakyat Mandalika, dahulu kala ada sebuah kerajaan yang dipimpin oleh raja dan ratu dari suku Sasak yang bijaksana. Kemudian, lahirlah seorang putri berparas jelita yang diberi nama Putri Mandalika.

Sesuai namanya, Mandalika merupakan putri cantik dan disukai oleh banyak lelaki hingga ke luar Pulau Lombok. Tak ingin menciptakan perpecahan di antara orang-orang yang ingin mempersuntingnya, akhirnya Putri Mandalika menyendiri demi meminta petunjuk.

Baca juga :  Dinosaurus di Indonesia !? Ada atau Tidak ?

Putri Mandalika pun mengumpulkan semua orang yang menyukainya di Bukit Seger dan memberi tahu keputusan yang telah diambilnya: dirinya tidak memilih satu orang.

Kemudian, sang putri terjun ke bawah Pantai Seger lalu menghilang diterjang ombak. Kisah ini dipercayai oleh masyarakat sekitar dan dirayakan dalam upacara Bau Nyale setiap tahunnya.

Telan Biaya 1,2 Triliun

Sirkuti Mandalika yang berada di lahan seluas 1.035 hektar dengan pembangunan memakan biaya Rp 1,2 triliun. Biaya tersebut, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber berasal dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Sirkuit Paling Indah di Dunia

Sirkuit Internasional Mandalika disinyalir merupakan street circuit dengan pemandangan paling indah di dunia. Lintasan balap ini terletak di kawasan super prioritas Mandalika, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang dikelilingi oleh panorama perbukitan dan pantai yang indah.

Bahkan, akun media sosial resmi MotoGP pun mengakui Sirkuit Mandalika merupakan lintasan balap tercantik di dunia.

“Tempat yang luar biasa! Sirkuit Mandalika adalah sirkuit tercantik di dunia,” tulis MotoGP dalam caption di akun Instagram, Sabtu (12/2/2022).

Lintasan di sirkuit ini juga dilapisi aspal terbaik, yaitu Stone Mastic Asphalt (SMA), yang merupakan campuran canggih yang biasa digunakan untuk melapisi permukaan aspal dan fasilitas Pit Building  berkapasitas 50 garasi.

Sirkuit ke-73 yang Menggelar MotoGP

Indonesia merupakan sirkuit ke-73 yang menggelar ajang MotoGP dan yang ke-30 sejak balapan paling bergengsi dunia itu yang semula dikenal dengan nama kelas 500cc berganti nama menjadi MotoGP.

Trofi Diberikan Langsung oleh Presiden RI

Presiden Joko Widodo resmi memberikan trofi atau piala bagi pemenang MotoGP Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022.

Adapun MotoGP Mandalika 2022 yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), baru saja usai digelar, Minggu (20/3/2022).

Baca juga :  Program Kampus Merdeka, Mahasiwa Upgrade Skill di Luar Perkuliahan

Pada balapan tersebut, pebalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira, sukses menjadi pemenang balapan.

Pebalap asal Portugal itu naik podium MotoGP Mandalika 2022 ditemani oleh Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Johann Zarco (Pramac Racing Ducati).

Setelah balapan, saat di podium, Presiden Jokowi naik ke podium dengan memakai jaket berwarna merah.

Saat di podium, Presiden secara resmi memberikan trofi atau piala kepada para peraih podium MotoGP Mandalika, dari peringkat pertama hingga ketiga. 

Ritual Pawang Usir Hujan Jelang Race

Dilaksanakan di tengah musim hujan yang sedang melanda, potensi turunnya hujan ketika balapan sangat mungkin terjadi.

Mengatasi hal tersebut, terdapat beberapa hal yang dilakukan panitia untuk guna mengatasi kondisi tersebut.

Penyelenggara MotoGP di Sirkuit Mandalika menggunakan teknologi modifikasi cuaca atau TMC agar muncul cuaca cerah. Tak hanya itu, pawang hujan juga dihadirkan mengusir cuaca buruk di Mandalika.


Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler