Friday, June 24, 2022

Ramadhan Tiba! Ini Dia Tips Atur Pola Minum Agar Tidak Haus Sebelum Berbuka

GUBUKINSPIRASI.com – Tanpa terasa, bulan Ramdhan sudah kembali menyapa Kita. Tentunya banyak hal yang dilakukan selain berpuasa. Mulai dari siap-siap mudik hingga kesibukan lainnya.

Well, Fam. Terlepas dari berbagai kesibukan tersebut, jangan sampai membuat puasamu terbebani atau bahkan sampai bolong yah!

Hal yang paling sering dirasakan saat berpuasa adalah haus yang suka terasa pada siang hari saat lagi panas-panasnya bukan. Nah, untuk mengakali hal tersebut, berikut Kami kumpulkan tips mengatur pola minum saat sedang berpuasa.

Aturan Minum Air Putih Saat Puasa

Ketika seseorang berpuasa, pada jam-jam tertentu tubuh akan kekurangan asupan cairan. Maka dari itu, kamu harus mengganti cairan yang tidak masuk tersebut ketika setelah jam puasa berakhir. Saat berbuka, cobalah untuk banyak mengonsumsi air putih untuk memenuhi cairan di dalam tubuh. Berikut adalah cara yang baik untuk minum air putih saat puasa:

1. Dua Gelas Air Putih ketika Berbuka

Salah satu hal yang harus kamu lakukan ketika berbuka adalah mengonsumsi air putih. Hal tersebut dapat membantu tubuh kamu untuk mengatasi kehausan yang terjadi seharian penuh dikarenakan puasa dan juga beraktivitas. Dua gelas air putih untuk berbuka puasa cukup untuk meredakan hal tersebut. Kamu dapat meminum satu gelas langsung ketika berbuka dan satu gelas lagi berselang beberapa menit kemudian setelah menyantap makanan ringan.

2. Empat Gelas Air Putih ketika Makan Malam

Saat azan Isya hingga malam hari ketika hendak tidur, cobalah untuk meminum empat gelas air putih. Kamu dapat meminum air putih beberapa gelas ketika makan malam. Hal tersebut juga berguna untuk mempermudah tubuh untuk memproses makanan yang masuk sehingga lebih mudah untuk dicerna.

Baca juga :  5 Cara Asik Nunggu Waktu Berbuka Selama PSBB

3. Dua Gelas Air Putih ketika Sahur

Saat sahur tiba, kamu dapat meminum dua gelas air putih. Satu gelas air putih ketika kamu hendak menyantap makanan sahur dan satu lagi ketika mendekati waktu Imsak. Hal tersebut dapat memberikan kamu asupan energi yang cukup untuk seharian berpuasa. Selain itu, hal tersebut juga berguna untuk memperlancar pencernaan dan membuang racun di dalam tubuh.

Selain itu, kamu juga harus menghindari konsumsi teh dan kopi. Sebab, minum terlalu banyak teh atau kopi dapat menyebabkan meningkatnya kandungan kafein. Akibatnya, hilangnya kandungan air di dalam tubuh dapat meningkatkan rasa haus.

Hindari juga makanan atau minuman manis yang dapat dicerna dengan sangat cepat dan bisa membuat kamu merasa lapar lebih cepat dari yang diharapkan. Karena itu, minum terlalu banyak air juga tidak dianjurkan. Ini akan mencairkan asam lambung, serta menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan.

Makanan Berbuka Mengandung Air

Selain menerapkan pola minum yang tepat saat berpuasa, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung air agar kebutuhan air tetap terpenuhi dengan baik. Berikut ini makanan yang bisa dikonsumsi untuk berbuka:

1. Sup Kaldu

Selain memiliki kandungan air yang cukup tinggi, mengonsumsi sup kaldu untuk berbuka merupakan pilihan tepat. Kamu bisa membuat sup kaldu dengan tambahan sayuran dan daging didalamnya. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi selama berpuasa akan terpenuhi dengan baik.

2. Buah

Pilihlah buah yang memiliki kandungan air tinggi. Mulai dari semangka, jeruk, hingga blewah. Kamu juga bisa jadikan buah sebagai salah satu menu minuman segar.

3. Sayuran

Sayuran seperti selada, mentimun, hingga tomat juga menjadi sayur yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Kamu bisa mengonsumsi sayur dalam bentuk salad.

Baca juga :  Ponpes Nurul Wafa Bagikan 3000 Paket Takjil Kepada Masyarakat

Itu dia Fam, beberapa tips dan trik untuk mengatur pola minum di saat bulan ramadhan atau ketika sedang berpuasa. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (*)

Comment
Shafira Aulia
Shafira Aulia
Penikmat sastra dan musik. Sedang menyelesaikan pendidikan komunikasi dan penyiaran di sebuah Universitas di Jawa Timur

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler