Tuesday, June 21, 2022

Mengenal Kerak Putih Akibat Masak Air dan Cara Menghilangkannya

Coba perhatikan ketel atau ceret yang ada di dapur Anda, apakah ada kerak putih di bagian dalamnya? Bagian dalam ketel memang seringkali luput untuk dibersihkan.

Jika didiamkan alias tidak dibersihkan dalam jangka waktu lama, kerak putih pada bagian dalam ketel akan semakin sulit dihilangkan. Namun demikian, jangan khawatir, kerak putih di bagian dalam ketel mudah dibersihkan.

Dilansir dari Good Housekeeping UK, Sabtu (9/1/2021), elemen dalam ketel selalu terbuka dan bersentuhan dengan air, jadi penumpukan kerak putih adalah salah satu penyebab terbesar kerusakan ketel.

Penyebab Munculnya Kerak Putih Pada Alat Masak

Mengutip dari hydroviv.com penyebab munculnya kerak putih di peralatan masak disebabkan oleh mineral yang mengandung kalsium dan magnesium yang ditemukan dalam air keran. Mineral menumpuk di panci saat air mendidih, menguap, dan meninggalkannya.

Hal tersebut juga menjadi alasan kenapa air kran perlu dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Karena dalam air kran kebanyakan mengandum kalsium dan magnesium.

Ketel berbahan stainless steel atau logam bisa dilapisi kerak putih pada bagian dalam dan dasarnya. Jika tidak dibersihkan, maka kerak putih akan meninggalkan semacam kapur pada air.

Sementara itu, ketel plastik yang biasa digunakan pada produk pemanas air listrik terbuat dari bahan polypropylene, yang tidak menimbulkan kerak. Namun, bagian dasar ketel yang terbuat dari logam akan terkena kerak putih.

Cara Membersihkan Kerak Putih di Alat Masak

Untuk cara yang tidak merepotkan dan murah untuk membersihkan kerak putih pada ketel, isi ketel atau ceret dengan campuran setengah cuka putih dan setengah air, dan biarkan terendam semalaman.

Di pagi hari, kerak putih akan lepas dengan mudah. Bilas hingga bersih untuk menghilangkan bau cuka yang tertinggal, dan rebus air bersih setelah pembersihan.

Comment
Baca juga :  4 Tips Desain Interior untuk Memaksimalkan Ruangan Rumah Kalian
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler