Saturday, October 1, 2022

Mengenal Bisnis Musiman dan Tips Meraih Keuntungan Darinya!

BISNIS, GUBUKINPIRASI.com – Musim terus berganti dan membawa trend-nya masing-masing. Bagi sebagian orang, hal tersebut merupakan hal yang biasa saja. Namun bagi Mereak yang jeli melihat peluang, hal tersebut tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Fenomena bisnis musiman ini biasa disebut dengan prakti bisnis Riding the Wave atau menaiki ombak.

Apa itu Riding the Wave?

Untuk memahami istilah “riding the wave” atau “menunggang gelombang”, kita dapat membayangkan seorang peselancar yang memanfaatkan ombak untuk mencapai tujuan.

Semakin besar ombak, maka akan semakin besar pula dampak yang diberikan jika dapat dimanfaatkan dengan baik.

Kunci suksesnya adalah dengan tidak melawan atau menaklukkan ombak secara frontal, tetapi mencari cara yang tepat untuk memanfaatkan energi ombak tersebut.

Jika diimplementasikan ke dalam dunia bisnis, hal ini berarti pelaku bisnis memanfaatkan isu yang sedang ramai dibicarakan oleh masyarakat luas sebagai strategi pemasaran bagi bisnisnya.

Namun, dalam penggunaannya, isu tersebut perlu terlebih dahulu ditelaah dan dimodifikasi agar lebih cocok dengan identitas bisnis tersebut.

Pemanfaatan dan Penggunaan Strategi ‘Riding the Wave’

Strategi “riding the wave sebenarnya bukanlah suatu konsep baru yang asing. Berbagai perusahaan dan jenama telah mengimplementasikan strategi ini dalam berbagai kesempatan.

Dalam pemanfaatannya, pelaku usaha perlu berpikir cepat dan strategis agar dapat mengejar momentum sebelum gelombang tersebut telanjur lewat.

Contoh yang cukup relevan belakangan ini adalah booming nya Sirkuit Internasional Mandalika yang menjadi venue balapan MotoGP di Indonesia beberapa saat yang lalu.

Contoh Bisnis Musiman yang ada di Indonesia

Terdapat beberapa contoh bisnis musiman yang ada di Indonesia. Berikut beberapa contoh yang populer dan berhasil meraih panggungnya, antara lain :

  • Bisnis kaos dan merchandise sepak bola
  • Bisnis takjil dan minuman selama bulan ramadhan
  • Bisnis di momen tahun ajaran baru (Seragam, buku dan berbagai promo back to school)
  • Bisnis musiman mengikuti trend yang sedang hangat di tengah masyarakat
Baca juga :  Peluang dan Cara Mengekspor Briket Arang

Jadi, itu dia beberapa jenis dan macam bisnis musiman yang cukup populer di Indonesia. Kalian punya pandangan untuk membuka bisnis yang sedang booming belakangan ini? Bagikan pendapatmu di kolom komentar. (*)

(rhmn/mfth)

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler