Saturday, December 3, 2022

5 Fakta Unik Reog Ponorogo yang Jarang Diketahui Masyarakat. Taukah Kamu?

Reog Ponorogo. Kesenian ini sudah tidak asing di telinga semua orang. Sebagai ikon khas Kabupaten Ponorogo, Reog sudah mendunia berkat keunikannya.

Terkenal dengan Dadak Merak atau topeng besar kepala harimau dan bulu merak yang indah di atasnya. Juga para penari dan musik khas yang mengiringi pertunjukkan kesenian ini.

Keren banget bukan! Banyak fakta-fakta keren di balik kesenian kebanggaan warga Ponorogo ini. Yuk bahas hal unik dari kesenian yang mendunia satu ini.

Badan Reog yang besar dan berat

Di balik keindahan Reog Ponorogo ketika pertunjukkan terdapat orang yang harus membawa kostum reog yang sangat besar. Diperkirakan satu reog beratnya sampai 50 kg dan pemainnya hanya menggunakan gigi untuk mengangkatnya, luar biasa! Terkadang akan ada penari jatil atau orang lain menaiki kepala reog, sehingga beratnya sampai 100 kg lebih.

Jatil, pengiring berkuda yang anggun

Jatil merupakan para penari pengiring reog yang berkuda. Dulu, para penari ini diperankan oleh pria tampan bersifat halus bak wanita. Sehingga, sekarang diganti oleh wanita berparas cantik nan anggun. Penari ini akan menari dengan lincah dan indah serta menggunakan properti sebuah kuda lumping.

Warok, karakter yang gagah dan berilmu

Warok dikenal sebagai tokoh yang berilmu. Dalam pentas, warok muda sedang berlatih mengolah ilmu. Berbadan gempal, berbulu dada, kumis, jambang lebat dan mata tajam. Sementara warok tua digambarkan sebagai pelatih atau pengawas warok muda yang berbadan kurus, berjanggut putih panjang, dan berjalan dibantu tongkat.

Klono Sewandono, Raja yang amat sakti

Raja Sewandono memiliki pusaka berupa cemeti bernama Kyai Pecut Samandiman sebagai pelindungnya. Gerak tari yang lincah serta berwibawa, menciptakan kesenian indah untuk menuruti permintaan Putri kekasihnya. Dalam tarian, sang raja tergambarkan sedang kasmaran oleh putri.

Baca juga :  Pengprov FOPI Jatim Puji Venue Petanque Porprov Jatim di Situbondo

Bujang Ganong, tokoh jenaka dan cerdik

Juga disebut Patih Pujangga Anom adalah salah satu tokoh yang jenaka dan enerjik. Mempunyai keahlian dalam seni bela diri. Penampilannya selalu di tunggu-tunggu oleh penonton khususnya anak-anak. Bujang Ganong sosok seorang Patih Muda yang berkemauan keras, cerdik, cekatan, jenaka dan sakti..

Reog merupakan kesenian khas yang harus kita lestarikan agar selalu berkembang di masyarakat.


Itulah beberapa fakta-fakta unik seputar Reog Ponorogo. Kalau ada pentas reog di daerah kamu, jangan lupa nonton ya! Bakal rugi kalau gak nonton.

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler