Friday, October 7, 2022

Arti Kata ‘Quartz’ yang Sering Ada di Jam Kamu

GUBUKINSPIRASI.com – Pasti Kamu bertanya-tanya tentang arti kata Quartz yang sering ditermukan di produk Jam baik jam dinding maupun jam tangan.

Quartz adalah mesin jam yang menggunakan osilator elektronik yang diatur oleh kristal kuarsa untuk menjaga waktu.

Osilator kristal ini menciptakan sinyal dengan frekuensi yang sangat presisi, sehingga mesin jam Quartz setidaknya memiliki waktu yang lebih akurat daripada jam mekanis.

Mesin seperti ini menggunakan baterai sebagai sumber tenaga utamanya dan biasanya merupakan jenis mesin jam yang akan kita temukan di jam tangan standar.

Untuk menghasilkan tenaga dalam gerakan, baterai mengirimkan arus listrik melalui kristal kuarsa kecil, mengaliri kristal tersebut untuk menciptakan getaran.

Hitungan Waktu Pada Quartz

Karena getarannya hampir konstan sempurna, sehingga dapat menjaga waktu dengan sangat akurat, memiliki akurasi -10 / + 20 detik per bulan.

Quartz perawatannya sangat gampang, dapat menjaga waktu secara akurat dan andal dan memerlukan penggantian baterai setiap beberapa tahun. Sehingga kebanyakan yang menggunakan mesin ini tidak mudah rusak dan lebih tahan lama.

Mesin jam tangan Quartz lebih murah daripada jam tangan otomatis. Sehingga banyak brand terkenal yang tetap menggunakan mesin ini agar dapat menjangkau berbagai kalangan calon pelanggannya.

Pertama Kali Dari Seiko

Seiko memperkenalkan mesin jam tangan Quartz pertama pada tahun 1969 dengan jam tangan Astron mereka. Untungnya, sejak saat itu, kemajuan teknologi telah membuat pembuatan jam tangan Quartz jauh lebih murah.

Itulah mengapa jam tangan dengan jenis mesin ini sangat terjangkau saat ini. Dan akhirnya brand jam tangan terkenal di dunia mulai mengikuti jejak dari Seiko.

Comment
Baca juga :  Mengenang Sejarah Hari Buruh 1 Mei
Shafira Aulia
Shafira Aulia
Penikmat sastra dan musik. Sedang menyelesaikan pendidikan komunikasi dan penyiaran di sebuah Universitas di Jawa Timur

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler