Sunday, December 4, 2022

5 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

GUBUKINSPIRASI.com – Mempelajari bahasa Inggris dapat bermanfaat untuk komunikasi karena bahasa ini digunakan sebagai bahasa internasional. Penggunaannya tersebar secara luas dalam berbagai bidang, seperti bisnis, akademis, budaya, dan sebagainya.

Sebuah studi dalam Annals of Neurology menunjukkan, orang yang mahir dalam dua bahasa memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memperhatikan dan memiliki konsentrasi yang lebih baik daripada mereka yang hanya berbicara satu bahasa

Belajar bahasa Inggris sejak dini disarankan karena saat anak berusia nol sampai tiga tahun, otak mereka berada dalam fase yang paling fleksibel sehingga mudah untuk menerima informasi, menurut publikasi Michigan State University.

Faktanya, bayi yang diajari dwibahasa lebih unggul dalam mendeteksi perubahan bahasa sejak usia enam bulan. Hingga usia 8 tahun, anak memiliki otot telinga dan bicara yang fleksibel sehingga dapat mendeteksi perbedaan suara antara bahasa kedua.

Sebagai rekomendasi, simak berbagai cara belajar bahasa Inggris yang bisa dipraktikan.

1. Gunakan alat bantu visual

Belajar bahasa Inggris menggunakan gambar dan alat bantu visual lainnya sangat membantu karena mempermudah pemahaman.

Gambar, diagram, dan video dapat digunakan untuk menghubungkan visual dengan kata-kata.

Mulai dengan belajar kosakata untuk menyebutkan bagian-bagian wajah dan menggunakan foto-foto orang sebagai alat bantu visual.

Bagi siswa, gambar kartun lucu mungkin lebih disukai. Tetapi, orang dewasa mungkin lebih menyukai gambar yang nyata. 

Membuat alat bantu visual dapat juga dilakukan dengan memotong gambar dari majalah atau mencetak gambar yang ditemukan secara daring.

2. Belajar Bahasa Inggris Melalui Musik dan Liriknya

Menggunakan musik sebagai media belajar Bahasa Inggris dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Menurut publikasi Florida National University, musik mengaktifkan otak kiri dan kanan secara bersamaan. Hasilnya, kedua belahan otak dapat memaksimalkan pembelajaran dan meningkatkan daya ingat.

Baca juga :  Learning Loss - Ancaman Nyata Pelajar Indonesia Selama Pandemi

Musik adalah sumber yang bagus untuk mempelajari Bahasa Inggris yang lugas. Dengarkan lagu-lagu populer karena lebih banyak dimainkan saat berada di dalam mobil, radio, atau mal sehingga menjadi terbiasa.

3. Membaca teks bahasa Inggris

Teks Bahasa Inggris dapat ditemukan di mana saja. Misalnya, pada buku, surat kabar, situs web, email, media sosial, bahkan pada bungkus makanan. Membaca adalah cara terbaik untuk meningkatkan kosakata.

Bacaan dalam bentuk artikel, cerita, dan percakapan dapat membantu untuk mengetahui dan memahami arti kata-kata bahasa Inggris. Membaca juga memberikan pengulangan kata-kata sehingga membantu untuk mengingatnya.

Melalui proses membaca, orang yang belajar bahasa Inggris dapat meningkatkan akurasi dan kelancaran berbicara. Akurasi didefinisikan sebagai penggunaan kosakata, tata bahasa, dan pengucapan yang benar.

4. Menonton televisi dan film dalam bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris dengan menonton televisi dan film asing merupakan sarana yang menyenangkan. Menurut temuan dari Rajshahi University, menonton film berbahasa Inggris meningkatkan kemampuan mendengarkan serta keterampilan berbicara.

Pengucapan kosakata yang benar juga dapat ditingkatkan dengan menonton film berbahasa Inggris. Dengan cara ini, orang yang belajar bahasa Inggris dapat menguasai pemahaman dengan mempelajari frasa umum sehari-hari yang sangat berguna untuk komunikasi.

Rekomendasi film Toy Story cocok untuk belajar bahasa Inggris dan meningkatkan keterampilan percakapan. Film juga mengajari bentuk bahasa Inggris yang lebih alami dengan kosakata dan bahasa gaul. Melalui film, penonton dapat menghubungkan kata-kata dengan bahasa tubuh yang terkait.

5. Catat setiap kosakata baru

Biasakan membawa buku catatan atau menggunakan alat pencatat di telepon. Setiap kali Anda mendengar atau membaca kata atau ungkapan baru, tulislah kalimat tersebut dan catat artinya.

Baca juga :  Mahasiswa KPI UIN RF Terpilih Jadi Korwil Forkomnas KPI se-Sumatera

Ulangi membaca kosakata tersebut setelah 24 jam, satu minggu, dan satu bulan. Cobalah untuk menggunakan kosakata ke dalam kalimat. Dengan begitu, Anda tahu bagaimana kata itu digunakan dalam kehidupan nyata. Anda juga dapat menggunakan gambar untuk melengkapi kalimat.

Comment
Shafira Aulia
Shafira Aulia
Penikmat sastra dan musik. Sedang menyelesaikan pendidikan komunikasi dan penyiaran di sebuah Universitas di Jawa Timur

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler