Monday, October 3, 2022

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Petani Mangrove Blekok adakan penanaman 15.000 Bibit Mangrove

SITUBONDO, GUBUKINSPIRASI.com – Tanggal 5 Juni setiap tahunnya menjadi momen perayaan hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Tahun 2022 pun, momen tersebut kembali diperingati dengan kegiatan-kegiatan pelestarian lingkungan yang dilaksanakan di berbagai tempat dengan berbagai macam bentuk dan objek tujuan masing-masing.

Salah satu bentuk peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia yang umum dilaksanakan adalah penanaman pohon sebagai upaya mitigasi bencana dan pelestarian alam.

Kelompok Petani Mangrove Kampung Blekok yang berlokasi di Situbondo juga turut memperingati momen hari Lingkungan Hidup sedunia tersebut.

Dalam rangka peringatan sekaligus upaya mitigasi bencana, kelompok petani mangrove Blekok bersama dengan DLH Kabupaten Situbondo dan komunitas-komunitas lokal menggagas kegiatan penanaman pohon.

Acara yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu (11/06/22) tersebut rencananya akan berbentuk aksi penanaman 15.000 bibit pohon mangrove di lokasi wisata Kampung Blekok Situbondo.

Dihubungi melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp, salah satu panitia kegiatan menyebutkan tujuan dan target dari kegiatan tersebut.

“Kalau penggagas awalnya kelompok petani mangrove dikampung blekok sebagai upaya mitigasi perubahan iklim dan ingin menambah luasan mangrove dikampung blekok, kebetulan kami di full suport oleh PT POMI dan paiton energy sebagai upaya konservasi yang dilakukan.” Terang Seta, salah satu panitia kegiatan.

Kampung Blekok sendiri merupakan objek wisata di Kabupaten Situbondo yang berfokus kepada konservasi alam dan lingkungan.

Nama Kampung Blekok sendiri mengacu kepada lokasinya yang meruapakan habitat bagi burung Blekok yang banyak terdapat di tempat tersebut.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada Sabtu mendatang tersebut diharapkan dapat mendorong kesadaran masyarakat dalam pelestarian lingkungan dan mitigasi bencana.

“Acara ini Kami buka untuk umum agar masyarakat dapat berpartisipasi dan menumbuhkan rasa kepemilikan bukan hanya kepada komunitas dan pihak yang terlibat tapi kepada masyarakat juga secara umum” Imbuhnya.

Baca juga :  Serunya Nobar dan Diskusi Film "Pulau Plastik" Perpus Jalanan Besuki Membaca

Info lebih lanjut terkait kegiatan penanaman 15.000 bibit pohon Mangrove bisa diikuti melalui lama Instagram DLH dan Kampung Blekok Situbondo atau melalui kontak person yang tersedia. (*)

(rhmn/er)

Comment
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler