Monday, October 3, 2022

Tiket Batal Naik, ini Aturan Baru Candi Borobudur

JAKARTA, GUBUKINSPIRASI.com – Wacana penerapan tiket naik Candi Borobudur Rp 750.000 batal dilakukan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai melakukan rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo.

Meski begitu, rencana pembatasan kuota pengunjung yang hendak naik maksimal 1.200 orang per hari ke atas candi tetap bakal berlaku.

“Jadi intinya tidak ada kenaikan tarif, tetap Rp 50 ribu masih, pelajar SMA ke bawah itu Rp 5 ribu, tapi dibatasi kuota untuk naik ke atas,” kata Basuki usai rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (14/6/2022).

Namun, dengan keputusan ini akan ada cara baru buat naik Candi Borobudur. Seperti apa sih?

Meskipun tarif naik Candi Borobudur Rp 750.000 tak jadi diberlakukan, bukan berarti semua orang bebas naik ke area candi bersejarah itu. Dengan ada penetapan kuota 1.200 orang per hari, untuk naik Candi Borobudur harus melakukan pendaftaran secara online.

“Kuota untuk naik ke candi itu dibatasi, mungkin 1.200. Jadi harus daftar online,” ujar Basuki.

Bukan cuma itu saja, Basuki juga mengatakan pengunjung yang hendak naik ke atas candi akan didampingi oleh tour guide khusus yang ada di Candi Borobudur. Dia bilang ada kemungkinan tour guide ini akan menambah biaya bagi wisatawan.

“Saya kira ya kan (harus bayar). Biasa kan kalau orang mau pakai guide mosok mau gratis,” kata Basuki.

Pengunjung juga harus memakai alas kaki yang disediakan untuk naik ke candi. Hal ini untuk melestarikan bangunan candi, dengan alas kaki khusus ini wisatawan dapat meminimalisir pengikisan pada batuan bangunan candi.

“Nanti ada alas kaki disediakan nggak boleh pakai sepatu, karena itu mengikis batuan. Jadi memang disediakan alas kaki untuk naik ke atas,” ujar Basuki.

Comment
Baca juga :  Kasus Corona Meningkat, Mahasiswa Unuja Produksi Alat Cek Suhu Badan Otomatis
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler