Sunday, December 4, 2022

Bajir Rob Terjang Situbondo 7 Rumah Warga Rusak

SITUBONDO, GUBUKINSPIRASI.com – Cuaca buruk yang melanda sebagain besar wilayah Indonesia menmbulkan ancaman banjir rob yang terjadi di wilayah-wilayah pesisir.

Kondisi tersebut juga melanda wilayah pesisir Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Dilaporkan, banjir rob melanda desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo pada Jumat (17/06/22).

Sejumlah 90 rumah di desa tersebut dilaporkan terkena dampak dari Banjir rob yang melanda.

Di antara 90 rumah tersebut, 7 rumah mengalami dampak rusak parah dan 4 perahu Nelayan hancu akibat banjir rob dan angin kencang.

Kapolres Situbondo, AKBP Andi Sinjaya mengatakan, pihaknya bersama BPBD dan unsur TNI serta Forkopimca meninjau dan memberikan bantuan kepada masyarakat pesisir yang tedampak bencana banjir rob, khususnya di Desa Landangan.

“Rumah yang terdampak ada sekitar 90 rumah lebih.” ujar AKBP Andi Sinjaya disela meninjau rumah warga yang ambruk diterjang gelombang tinggi dan banjir rob.

Banyaknya rumah yang rusak akibat banjir rob itu, kata AKBP Andi Sinjaya, dikarenakan tangkis laut rusak sehingga tidak dapat menahan air pasang dan gelombang besar tersebut.

“Ini menjadi perhatian kami, yang pertama memberikan bantuan, edukasi dan langkah-langkah mitigasi korban yang terdampak,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Situbondo, Zainul Arifin mengatakan, kondisi rumah yang rusak akibat bencana banjir rob di Wonorejo, Kecamatan Banyuputih dan Desa  Landangan yang terdampak seluruhnya mencapai sebanyak 98 rumah warga.

Terkait dengan kerugian yang diterima Masyarakat, Zainul mengaku pihaknya belum bisa memastikan, karena hingga saat ini belum dilakukan pendataan serta menghitung kerugian akibat kerusakan tersebut.

Comment
Baca juga :  Teror Pembakaran Kembali Terjadi di Jember, Suasana Mencekam
Rahman
Rahmanhttps://gubukinspirasi.com
Redaktur Gubuk Inspirasi dan pegiat sastra yang menggelar Perpustakaan Jalanan Besuki membaca setiap hari Sabtu dengan slogan, "Baca gratis seperti udara yang kau hirup"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler