Sunday, October 2, 2022

Perdana, Kopri PMII Unuja Adakan PKD Mandiri

Probolinggo, Gubukinspirasi – Pengurus Komisariat Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Putri (Kopri) Universitas Nurul Jadid (Unuja) adakan Pelatihan Kader Dasar (PKD) ke-IV yang bertempat Aula II PP Nurul Jadid, Paiton (13 Juli 2022).

Kegiatan yang bertajuk “Glorifikasi Gerakan dalam meningkatkan Ghiroh Kader” ini akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai Rabu (13 Juli 2022) hingga Jumat (15 Juli 2022).

Ketua panitia, Uswatun Hasanah, mengungkapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah memberikan seluruh waktunya dalam menyukseskan acara tersebut. Ia juga meminta maaf kepada seluruh peserta atas kekurangan dari panitia. Usweh, sapaan akrabnya, menjelaskan terkait keresahannya sebagai panitia selaku pengurus struktural PMII sehingga memunculkan tema kebesaran PKD ke-IV.

“Kami melihat situasi yang simpangsiur, keadaan Kader PMII kurang semangat dalam berorganisasi sehingga perlu mengagungkan gerakan yang relevan untuk membangun kembali semangat dan memberikan potensi untuk kebesaran PMII Unuja,” tegasnya.

Lebih lanjut, Usweh mengatakan bahwa Kader PMII harus tangguh dan mampu memahami satu sama lain ketika berhadapan dengan berbagai bentuk karakter.

“Hati-hatilah dalam berbicara dan berpikir, karena semua itu akan menentukan nasib kalian kedepan. Setidak-tidaknya kita bisa memahami, meskipun yang lain hidup dengan egoismenya sendiri,” jelasnya.

Berbeda dengan itu, perwakilan dari Ketua Kopri Rayon, Devi Linda Ayu Safiri, mengingatkan dengan tegas bahwa peserta PKD harus mampu serius dalam berproses. Setidaknya, menurut dia, bisa keluar dari forum sudah mampu memahami terhadap glorifikasi gerakan PMII.

Sedangkan menurut Ketua Kopri Komisariat Unuja, Intan Permatasari, adanya PKD merupakan bentuk ikhtiar bersama untuk merefleksikan keberadaan seorang Kader dalam berproses di PMII. memberikan asupan ilmu pengetahuan yang mumpuni sebagai bekal dalam proses ke jenjang selanjutnya (sebagai pengurus rayon).

“Padahal dalam Mars PMII sudah jelas disebutkan “ilmu dan bakti kuberikan”. Lalu, ilmu dan bakti seperti apa yang akan kita berikan sebagai kader kepada PMII, kalau tujuan dan keberadaannya di PMII sudah tidak jelas. Sebenarnya, kita perlu belajar dan hadir seutuhnya di PMII,” ungkapnya.
 
Dalam kesempatan ini, Ketua Kopri Pengurus Cabang PMII Probolinggo, Rosida, turut hadir membersamai prosesi pembukaan. Ia mengapresiasi terhadap adanya terobosan yang dilakukan oleh Kopri Unuja yang sudah memberanikan diri mengadakan PKD secara terpisah dengan pengurus putra. Beliau juga diberikan kesempatan untuk membuka kegiatan PKD IV didepan para peserta yang hadir.

Comment
Baca juga :  Fathullah Syahrul: PMII Harus Kembali Ke Masjid Dan Desa
Abdur Rahmad
Abdur Rahmad
Mahasiswa Biru Kuning Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Nurul Jadid Probolinggo, yang tidak lain hanyalah seorang anak kelahiran pulau kecil Giligenting.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler