Thursday, October 6, 2022

10 Tips Mudah Mengatur Ruangan Agar Jadi Lebih Luas dan Rapi

GUBUKINSPIRASI.COM – Memiliki ruangan yang didesain apik dengan penataan perabotan yang rapi, merupakan dambaan banyak orang.

Selain membuat sebuah ruangan nyaman dilihat, hal ini bisa meningkatkan mood seseorang ketika berada di dalamnya.

Jika kita tak punya dana untuk menyewa jasa desainer interior, kita juga bisa loh menata ruangan agar selalu terlihat rapi dan estetik.

Dilansir dari The Spruce, Selasa (23/11/2021), berikut ini cara-cara yang bisa kamu terapkan.

1. Sesuaikan dengan kepribadian

Cobalah untuk bertanya pada diri sendiri desain ruangan seperti apa yang diinginkan, baik soal warna, dekorasi, tekstur, hingga perabotan yang dipilih.

Misalnya, jika ingin membuat ruangan terasa luas, jangan penuhi ruangan dengan banyak perabotan dan gunakanlah dekorasi yang berbahan alami.

Sedangkan, untuk mendesain ruangan keluarga agar terlihat hidup, ada baiknya kamu memiliki warna dan pola dekorasi yang mencolok. Yang perlu kami ingat adalah fokuslah pada kepribadian dan selera dari pada gaya atau tren tertentu. 

2. Cari inspirasi

Dengan sekali klik kita bisa dengan gampang mencari inspirasi desain ruangan.

Namun, melihat terlalu banyak referensi juga bisa membuat bingung. 

Karena itu sejak awal tentukan dulu gaya apa yang ingin kamu pilih sehingga pencarian bisa lebih fokus. 

Apabila tinggal sendiri, kamu bisa mengeksplorasi banyak desain ruangan sesuai dengan seleramu. Namun, jika tinggal dengan orang lain, lebih baik diskusikan bersama.

3. Realistis

Daripada membayangkan desain ruangan yang diidamkan, lebih baik rancanglah ruangan sesuai kondisimu saat ini. Misalnya, bila kamu punya anak balita atau hewan peliharaan, maka perabotan yang tahan banting bisa jadi pilihan. 

Contoh lain, jika kamu hidup seorang diri, jangan memenuhi ruang dengan perabotan yang berukuran besar. Sebelum membeli sesuatu, buatlah anggaran secara realistis agar kamu tahu barang apa yang menjadi prioritas untuk dibeli.

Baca juga :  4 Tips Desain Interior untuk Memaksimalkan Ruangan Rumah Kalian

4. Rapikan ruangan

Jika kamu ingin mendekor ulang ruangan, mulailah dengan menghilangkan apa pun yang tidak digunakan, dibutuhkan, atau yang disukai.

Saat mendesain ruang kosong sejak awal, pikirkan soal barang apa saja yang akan dimasukkan. Rancanglah juga tempat untuk meletakkan barang pribadi dan barang-barang lainnya.

5. Petakan ruangan

Kamu bisa menggunakan software atau aplikasi desain untuk membuat denah ruangan. Jika tidak, buatlah sketsa di kertas dan tandai penempatan perabotan dengan selotip. Sehingga kamu bisa mempertimbangkan perabotan apa saja yang ingin dibeli.

6. Tentukan palet warna

Ruangan yang netral dapat dihias dengan warna yang cerah, ditambah beragam aksesoris. Jika kamu mengecat ruangan dengan hijau, merah muda, atau biru, pilih tiga warna pelengkap agar tetap menarik.

Namun, bila ingin memadukan perabotan dengan mudah, ruangan berwarna putih bisa kamu pilih.

7. Pikirkan dasar ruangan

Jika kamu tidak ingin sekadar menata ulang ruangan, pikirkan lantai, warna dinding, dan perlengkapan ruangan yang ada untuk mempercantik dan mempersonalisasi ruang tanpa merenovasi.

Apabila kamu memulainya dari ruangan kosong, perbaiki lantai, cat dinding, tambahkan ubin atau wallpaper, dan pasang lemari sebelum membawa perabotan serta dekorasi lainnya.

8. Perhatikan perabotan utama

Misalnya, ketika kamu mendesain ruang tamu, fokuslah pada perabotan utama, seperti sofa. Apabila ingin berhemat, jangan langsung membeli perabotan yang harganya mahal.

Pikirkan, apakah perabotan itu berkualitas dan berguna. Lalu, buat anggaran yang realistis dan visualisasikan ruang yang tersisa bila ingin menambahkan perabotan atau aksesoris lain.

9. Pilih perabotan pelengkap

Setelah memilih perabotan utama, seperti sofa, maka mulailah mempertimbangkan meja tamu dan tentukan gaya serta ukuran yang cocok.

Baca juga :  6 Tips Mudah Membuat Kamar Minimalismu Serasa Luas

Selain itu, untuk menyempurnakan tampilan ruangan, kamu bisa memilih meja kayu di ruang makan dengan tambahan perabotan agar memberi aksen kontras, seperti kursi dari logam yang bergaya kontemporer.

10. Tentukan karpet dan tirai

Setelah menentukan perabotan utama, maka kamu bisa beralih ke langkah selanjutnya dengan membeli karpet, gordyn, tempat tidur, selimut, dan bantal sebagai bahan dekorasi. Hal ini akan memberikan warna, pola, dan tekstur yang berbeda pada ruangan.


Comment
Shafira Aulia
Shafira Aulia
Penikmat sastra dan musik. Sedang menyelesaikan pendidikan komunikasi dan penyiaran di sebuah Universitas di Jawa Timur

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler