Thursday, September 22, 2022

Fathullah Syahrul: PMII Harus Kembali Ke Masjid Dan Desa

Probolinggo, Gubukinspirasi – Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Universitas Nurul Jadid adakan Webinar Kaderisasi Part II yang bertempat di Google Meet. Acara ini diikuti sekira 50 peserta mulai dari pukul 13.00 WIB hingga 14.50 WIB, Rabu (20 Juli 2022).

Dalam acara tersebut, Fathullah Syahrul, Wakil Bendahara Umum Kaderisasi Pengurus Besar PMII 2021-2024, dengan tegas mengulas tema besar kegiatan yakni “Transformasi Kaderisasi Cegah Fluktuasi Gerakan”.

Menurutnya, turunnya fluktuasi adalah sebuah keniscayaan dalam roda organisasi. Maka, perlu adanya dua pendekatan untuk mencegahnya yakni perspektif gerakan sosial Islam baru dan perspektif gerakan mahasiswa. Dalam menjalankan kedua perpektif tersebut, menurut Pria lulusan UIN Alauddin Makassar ini, setidak-tidaknya perlu dua jalan untuk menyukseskannya.

“PMII harus kembali ke Masjid dan PMII juga perlu kembali ke Desa,” tegasnya.

PMII kembali ke Masjid dalam pandangan Ulla, sapaan akrabnya, harus dijalankan oleh setiap kader untuk merebutkan kembali tempat yang menjadi pusat keagamaan umat Islam. Bahkan, ia menilai bahwa hanya Nahdlatul Ulama dan PMII yang berhak membicarakan Islam.

“Masjid bukan hanya menjadi tempat Salat, namun juga untuk mengampanyekan Islam Ahlus Sunnah wal Jamaah,” jelasnya.

Selain Masjid, PMII perlu merefleksikan ulang gerakannya untuk mendampingi Masyarakat Desa. Hal ini perlu dilakukan untuk menyeimbangi para Kader yang terlalu elitis atau bahkan sudah lupa terhadap Masyarakat bawah.

“Dalam penegasan Yogyakarta sudah jelas bahwa kita adalah amanah dari penderitaan rakyat. Kalau PMII setelah melakukan aksi demonstrasinya juga melakukan transaksi, saya rasa perlu belajar lagi soal kaderisasi,” pungkasnya.

Comment
Baca juga :  PK PMII UNUJA Adakan Pesantren Aswaja
Abdur Rahmad
Abdur Rahmad
Mahasiswa Biru Kuning Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Nurul Jadid Probolinggo, yang tidak lain hanyalah seorang anak kelahiran pulau kecil Giligenting.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler